IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 101 TADANG PALIE TENTANG POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA

Hj. Hasnawati

Abstract


Implikasi Model Pembelajaran STAD Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 101 Tadang Palie tentang Politik Luar Negeri Indonesia. Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STAD.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran STAD terhadap peningkatkan  prestasi belajar peserta didik kelas VI pada SDN 101 Tadang Palie dalam pembelajaran PKn. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 101 Tadang Palie pada peserta didik kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus.

Hasil analisis data juga diperoleh gambaran bahwa pada siklus I menunjukkan perolehan nilai mulai dari 60  sampai 80 dengan mean sebesar 77,6; median sebesar 70; modus sebesar 70; standar deviasi sebesar 6,63; dan varians sebesar 43,95, memberikan implikasi bahwa tingkat penguasaan materi politik luar negeri Indonesia  pada siswa kelas VI SDN 101 Tadang Palie dengan menerapkan model STAD berada pada kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu perolehan nilai mulai dari 80 sampai 100 dengan mean sebesar 84,8, median sebesar 90 modus sebesar 80; standar deviasi sebesar 7,14; dan varians sebesar 50,97 memberikan implikasi bahwa tingkat penguasaan materi atau prestasi belajar siswa kelas VI SDN 101 Tadang Palie dalam pembelajaran materi PKn  dengan penerapan model pembelajaran STAD meningkat menjadi kategori tinggi.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.

Sarjan.2012. Aku Bangga Menjadi Warga Negara. Solo: Platinum.

Sudrajat, Nana. 2008. Pendekatan Dalam Pembelajaran. Bandung: Angkasa.

Sukintaka. 2005. Aneka Pendekatan Dalam Pembelajaran. Jakarta:Mizan

Surtini, Sri. 2004. Metode Proaktif Dalam Pembelajara (on line volume 5 no. 1). http://pk.ut.ac. Id/Scan Penelitian/Sri % 2004. pdf. (13 Maret 2006).

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)