MENERAPAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG TESK TANGGAPAN

Hamidah Hamidah

Abstract


: Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2018/2019.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match  dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa tentang Teks Tanggapan, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Djati Sidi, Indra, Ph.D. 2001, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Logos

G.Shane, Harold. 2002, Pendidikan Masa Depan, Jakarta: Pustekom

Haliah, Dra. 2004, Pentingnya Profesionalisme Guru, Sengkang: SMU 3.

Poerwadarminta, WJS. 1988, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka.

Pribadi, Sikum, 1981, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soenardi, Rusli. 1979, Profesionalisme Guru, Bandung: Angkasa

Sujasmin. 2004. Teks tanggapan. Jakarta: Mizan.

Suparno, Paul, DR. 2004, Pendidikan dan Peran Guru, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)