IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 284 SAPPA TENTANG GEJALA ALAM INDONESIA
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran STAD.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 284 Sappa dalam pembelajaran IPS pada materi gejala alam Indonesia..
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 284 Sappa pada siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil nilai tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STADdapat meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 284 Sappa dalam pembelajaran IPS, khususnya pada materi gejala alam Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Anies, 2017. Negara Sejuta Bencana. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta
Haifani AM, 2008. Manajemen Resiko Bencana Gempa Bumi. Yogyakarta: Bapeten.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.
Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran. Surakarta: Tiga Serangkai.
Pribadi, Sikum, 1981, Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Noor, 2005. Geologi Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.
Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran. Surakarta: Tiga Serangkai.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)