IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG PERSAMAAN KUADRAT

Ahmad Mantabi

Abstract


 

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode problem posing.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi persamaan kuadrat.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam materi persamaan kuadrat.

 


Full Text:

PDF

References


Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengelolaan Pembelajaran Matematika Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar Matematika, IKIP Malang.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Lukman, Sangaji. 2004. Aljabar Biner dan Linier. Bandung: Rosdakarya.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.

Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wijaya, A. Model pembelajaran-model pembelajaran Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG

Winarno. 2002. Merancang Model pembelajaran Pembelajaran Matematika Berorientasi Pada Pakem dan Pembekalan Kecakapan Hidup. Yogyakarta: P3G Matematika.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)