PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI RAPPOJAWA 71 MAKASSAR

Nurhajrah Nurhajrah

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini mengangkat masalah sebagai berikut: adakah pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIB SD Negeri Rappojawa 71 kecamatan tallo kota Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIB SD Negeri Rappojawa 71 kecamatan tallo kota Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri Rappojawa 71 yang berjumlah 17 guru dan 406 siswa teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis ini adalah sampling random, hasil penelitian ini akan dianalisis dengan cara kuantitatif dalam teknik Deskriptif Korelasi. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri Rappojawa 71 kecamatan tallo kota Makassar. Yang berpopulasi siswa dan guru di SD Negeri Rappojawa 71 dan sampel kelas VIB yang berjumlah 26 orang.

Hasil uji hipotesis dengan nilai hasil korelasi, yaitu rxy 0,664 Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 4,3504 ≥ 2,064, maka Ho ditolak.

Berdasarkan perhitungan tersebut, Hipotesis dapat ditafsirkan Ha: ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa, dan Ho: tidak ada pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru dan Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)