KEEFEKTIFAN MODUL BAHASA INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU

Armianti Armianti

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penggunaan metode menggunakan modul pembelajaran bahasa Indonesia pada SMA Negeri 2 Manggelewa Kabupaten Dompu.

Permasalahan yang diangkat adalah untuk mengetahui keefektivan penggunaan modul pembelajaran bahasa indonesia dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 2 Manggelewa Kabupaten Dompu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri 2 Manggelewa Kabupaten Dompu sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 13 orang siswa laki-laki, 17 orang siswa perempuan untuk dijadikan unit penelitian dengan menggunakan modul pembelajaran, penelitian ini menggunakan model Pretest dan Postest.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa sebelum perlakuan (Pretest) pembelajaran menggunakan modul yaitu dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 19, 27 sedangkan nilai siswa setelah perlakuan (Postest) pembelajaran menggunakan modul yaitu dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 16, 81. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Keefiktivan penggunaan modul pembelajaran bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa efektif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 2 Manggelewa Kabupaten Dompu.

 

Kata kunci: Keefektifan, Metode Menggunakan Modul Pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)