HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA
Abstract
ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian pra experiment dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 309 orang, sampel 51 orang. Dengan variable penelitian yaitu Hubungan Pengelolaan Kelas sebagai variable bebas dan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran sebagai variable terikat. Selanjutnya data disimpulkan dengan menggunakan metode angket.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yang dilakukan peneliti dapat disampaikan bahwa Hubungan Pengelolaan kelas terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Pallangga, Kec. Pallangga, Kab.Gowa dapat dikatakan sangatlah berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain artinya bahwa pengelolaan kelas sangat berpengaruh dengan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia ini terbukti hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi = 0,64 lebih besar dari atau 5,831 ≥ 2,021, Maka Ho ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara Pengelolaan Kelas terhadap Keaktifan Belajar Siswa, Ha di terima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, disimpulkan bahwa pengelolaan kelas sangat berpengaruh artinya bahwa pengelolaan kelas sangat membantu terhadap peningkatan keaktifan siswa . hal ini dibuktikan dengan adanya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang sangat baik di SMA Negeri 1 Pallangga, Kec. Pallangga, Kab. Gowa.
Kata Kunci : Pengelolaan kelas dan keaktifan siswa dalam pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)