EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA

Hildayanti Hildayanti

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, masalah dalam penelitian ini Apakah penggunaan media audio visual efektif didalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa dengan jumlah responden sebanyak 30 orang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah limbung Kabupaten Gowa.

Berdasarkan hasil tes, rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (8,73) lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan media audio visual (7,2) dengan selisih skor 1,71. Dengan demikian, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok control. Dalam uji signifikan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t-hitung (2,73) lebih tinggi dari pada nilai t-tabel (2,048) atas dasar taraf signifikan sebesar 5%. Hal ini berarti penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran sangat efektif dalam meninggkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disumpulkan bahwa penggunaan media audio visual sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa.

 

Kata kunci : penggunaan media audio visual, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)