EFEKTIVITAS LABORATORIUM KOMPUTER DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TANA TORAJA

Hartini Hartini

Abstract


ABSTRAK : Masalah  dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan laboratorium komputer efektif dalam peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah Negeri Kab. Tana Toraja? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi terhadap mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Laboratorium Komputer Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Tana Toraja.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitan untuk meneliti populasi 163 dan sampel 21, Analisis data bersifat analisis statistik deskriptif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih berkompeten ketika melaksanakan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dilaboratorium komputer dibanding melaksanakan pembelajaran di kelas. Berdasarkan angket yang disebarkan bahwa 21 responden lebih memilih jawaban sering dengan jawaban sering berjumlah 317 jawaban.

Saran diharapkan kepada sekolah agar setiap komputer yang rusak di laboratorium komputer diganti secepatnya agar siswa bisa belajar dengan baik, serta agar guru-guru bisabekerja sama kepada kepala sekolah agar bisa mengaktifkan internet di laboratorium komputer supaya siswa biasa belajar dengan baik.

 

Kata Kunci: Laboratorium Komputer, Kompetensi Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)