PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MURID SDN BIRINGKALORO KABUPATEN GOWA

Yozzy Yus Warita

Abstract


ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar murid SDN Biringkaloro Kabupaten Gowa.

Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Adapun pendekatan yang di  gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menekankan pada data-data nemerikal (angka-angka) yang diolah dalam metode dengan metode statistika.

Populasi adalah semua guru dan murid di SDN Biringkaloro Kabupaten Gowa dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas IV yang berjumlah 20 orang.

Teknik analisis Data yang sudah diperoleh dari hasil penelitian ini kemudian diolah dengan menggunakan uji t.

Hasil analisis nilai “t” hitung yang diperoleh adalah 4,8. Untuk menentukan apakah hipotesis nihil dan hipotesis kerja diterima atau ditolak, maka perlu diketahui derajat bebas atau “t”tabel. Rumus untuk mencari “t”tabel = (Nx+N)-2=(30+30)-2=58, maka hasilnya adalah 4,8. Sehingga dapat disimpulkan nilai “t”hitung yang diperoleh lebih besar (4,8) dari nilai “t”tabel yaitu 2,008 atas dasar tariff signifikan 5% dan atas dasar tariff signifikan 15%.

Kesimpulan penulis menemukan problem based learning sangat efektif dalam upaya meningkatkan minat belajar murid pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial kelas IV.a dan Kelas IV.b SDN Biringkaloro Kabupaten Gowa.

 

Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)