PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 21 MAKASSAR

Usman Usman

Abstract


ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 350 orang dan sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.D dan VIII.F yang berjumlah 67 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket atau quisioner yang terdiri dari 25 pernyataan tentang bimbingan dan konseling, 25 pernyataan tentang motivasi belajar siswa dan wawancara yang dilakukan dengan guru bimbingan dan konseling untuk melengkapi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bimbingan dan konseling yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMPN 21 Makassar Kecamatan Rappocini memperoleh hasil yaitu menghasilkan nilai rxy sebesar 0,33 dan nilai db = 65 dimana df sebesar 65 diperoleh r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,244 sedangkan paba taraf signifikan 1% sebesar 0,317 dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,33 atau koefisien determinasi (R) sebesar 0,332 x 100 = 10,89. Jadi, terdapat 89,11% lainnya ditentukan oleh faktor lain. Kategori hubungan sebesar 0,33 berada pada korelasi dengan interpretasi “rendah”.

 

Kata kunci : Bimbingan dan konseling, motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)