EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MODEL WEB ENHANCED COURSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK GUNUNG SARI 1 MAKASSAR

Susanti Susanti

Abstract


ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Nonequevalent control Group Design artinya eksperimen dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen kelompok control diberikan perlakuan pembelajaran secara konvensional, sedangkan kelompok eksperimen diberikan perlakuan Pembelajaran dengan sebuah Treatmen. Dengan menerapkan Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi Kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar yang berjumlah 30 siswa dengan sampel total sampling.

Hasil analisis data pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel , thitung ( 2,65) dan ttabel (2,048) sehingga disimpulkan t hitung > t tabel , ini membuktikan hipotesis “Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar” diterima.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Blended learning Model Web Enhanced Course lebih efektif terhadap pencapaian hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran yang bersifat konvensional.

 

Kata Kunci : Blended Learning Model Web Enhanced Course, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)