ANALISIS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SDN 29 KALUPPINI KABUPATEN ENREKANG

muslimah muslimah

Abstract


ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Manajemen kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru di SD Negeri 29 Kaluppini Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Responden adalah Guru Sekolah Dasar Negeri 29 Kaluppini Kabupaten Enrekang sebanyak 11 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung persentase per item, per indikator dan uji statistik.

Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi produc moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,622), yang berkisar antara 0,600 – 0,800 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi cukup. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (0,622) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 0,107). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru sebesar 38,6%.

 

Kata Kunci : Manajemen Kepala sekolah dan Motivasi Mengajar Guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)