STUDI DESKRIPSI KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 BELO KABUPATEN BIMA
Abstract
ABSTRAK : Penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, ini dilakukan di SMP Negeri 3 Belo Kabupaten Bima, pada Oktober sampai November 2015. Sampel dalam penelitian ini adalah guru diSMP Negeri 3 Belo Kabupaten Bima adalah sebanyak 40 Orang dengan angket sebagai instrumen utama.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kompetensi pedagogik guru diperoleh bahwa rata-rata yaitu 99,88 artinya nilai ini berada pada kategori tinggi dan frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 55% ini berkisar antara skor 76-100. Untuk kompetensi profesional diperoleh hasil rata-rata yaitu 99,63 artinya nilai ini berada pada kategori tinggi, frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 52,55% ini berkisar antara skor 76-100. Untuk kompetensi kepribadian diperoleh rata-rata yaitu 102,50 artinya nilai ini berada pada kategori sangat tinggi, frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 65% ini berkisar antara skor 100-125. Untuk kompetensi sosial diperoleh rata-rata yaitu 102,90 artinya nilai ini berada pada kategori sangat tinggi, frekuensi tertinggi berada pada kategori ini, ketegori dengan persentase sebanyak 67,5% ini berkisar antara skor 100-125.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa, untuk kompetensi pedagogik berada pada kategori tinggi. Untuk kompetensi profesional berada pada kategori tinggi. Untuk kompetensi kepribadian berada pada kategori sangat tinggi. Dan untuk kompetensi social berada pada kategori sangat tinggi.
Kata Kunci: Studi Deskripsi, Kompetensi Guru, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)