HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI SD KABUPATEN GOWA

Rini Ardiati

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SD Inpres Panggentungang Utara Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode angket. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari observasi, angket, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi product moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,872), yang berkisar antara 0,800 – 1,000 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi tinggi atau sangat kuat. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (7,362) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 2,093). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru sebesar 76,04%.

 

Kata Kunci : kepemimpinan Kepala sekolah dengan Motivasi Kerja Guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)