HUBUNGAN KONSEP KEPEMIMPINAN DENGAN PERILAKU SISWA DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI MIN NGALI BELO KABUPATEN BIMA

Rasidi Rasidi

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian kaulitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau arah kuantifikasi lainnya. Sumber data diperoleh dari data observasi dan data wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien korelasi product moment.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima. Karena dengan diterapkannya konsep kepemimpinan di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima telah membentuk perilaku siswa menjadi lebih baik terutama memiliki jiwa kepemimpinan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1)  Perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima setelah diterapkannya konsep kepemimpinan kepala sekolah telah banyak mengalami perubahan diantaranya siswa terhindar dari perilaku-perilaku yang menyimpang atau perilaku negative, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa dalam pendidikan yang berbasis karakter hal ini membuktikan bahwa Sikap anak-anak sangat tenang dan fokus saat menerima pelajaran atau penjelasan dari guru di samping itu juga guru selalu memberi motivasi atau dorongan kepada siswa agar siswa giat dan aktif baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sosial. konsep kepemimpinan sangat berarti untuk meningkatkan perilaku siswa yang baik atau siswa yang berkarakter.

 

Kata kunci :Konsep Kepemimpinan, Perilaku Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)