PENGARUH DESENTRALISASI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 SINJAI TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2615Abstract
ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desentralisasi pendidikan terhadap penigkatan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Sinjai Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian expost facto. Responden adalah Guru SMP Negeri 1 Sinjai Timur sebanyak 40 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung persentase per item, per indikator dan uji statistik.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi product moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,747), yang berkisar antara 0,600 – 0,800 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (4,711) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 0,320). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun pengaruh desentralisasi pendidikan terhadap peningkatan profesionalisme guru sebesar 55,8%.
Kata Kunci : Pengaruh desentralisasi pendidikan, Profesionalisme guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.