Pengaruh Media Digital Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v14i2.19006Keywords:
media digital interaktif, motivasi belajar, siswa sekolah menengah, pembelajaran berbasis teknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media digital interaktif terhadap motivasi belajar siswa sekolah menengah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh semakin meluasnya penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya media digital interaktif seperti aplikasi pembelajaran berbasis web, simulasi, dan game edukatif yang diyakini dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei eksplanatori. Sampel terdiri dari 180 siswa SMA kelas X dan XI di Kota Makassar yang telah menggunakan media digital dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berbasis model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) serta wawancara pendukung. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa media digital interaktif memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan koefisien determinasi sebesar 41,2%. Selain itu, korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif yang kuat antara kedua variabel. Temuan ini diperkuat dengan data kualitatif dari guru dan siswa yang menyatakan bahwa media digital membuat pembelajaran lebih menarik, relevan, dan membangkitkan semangat belajar. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan perangkat dan kesiapan guru dalam memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital interaktif merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan disarankan agar sekolah terus mengintegrasikan teknologi ini secara optimal dalam proses pembelajaran.References
Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The influence of the application of power point learning media on ict learning outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01), 479.
Ayu, S., & Ramly, R. A. (2024). Pengaruh Model Mixed Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 30-36.
Keller, J. M. (2020). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach (2nd ed.). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-40220-4
Kurniati, R., & Ramly, R. A. (2022). Development of macromedia flash module in the learning media course faculty of teacher training and education university of pejuang republik Indonesia. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 366-384.
Noer, R. Z., Mustopa, D., Ramly, R. A., Nursalim, M., & Arianto, F. (2023). Landasan Fılosofıs Dan Analısıs Teorı Belajar Dalam Implementası Kurıkulum Merdeka Dı Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1559-1569.
Pratama, I. G., Hanif, M., Ramly, R. A., & Khotimah, D. K. (2023, July). Pengembangan media belajar pjok berbasis aplikasi smart learning di masa pandemi. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Rahmadani, T. S., & Nugroho, R. A. (2023). Tantangan dan Strategi Implementasi Media Digital dalam Pembelajaran Daring dan Hybrid di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(2), 112–121. https://doi.org/10.23887/jptk.v7i2.54260
Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-â.
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Ramly, R. A., & Latiff, Z. A. (2021). Secondary Teachers Perception on the Effectiveness of Google Classroom As a Learning Medium During Movement Control Order (MCO). Journal of Media and Information Warfare, 14(1), 1-10.
Ramly, R. A., Ariaty, E., & Ariandini, N. (2025). IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Kependidikan Media, 14(1), 1-13.
Ramly¹, R. A., & Alfadil, M. T. Jurnal Galeri Pendidikan.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and Extrinsic Motivation from a Self-Determination Theory Perspective: Definitions, Theory, Practices, and Future Directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860
Sari, N. M., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Media Digital Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i2.30120
Sulastri, D., Nurhayati, & Ananda, A. (2021). Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Media Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 45–56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.34171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.