ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 TANA TORAJA
Abstract
Kesulitan belajar merupakan kesukaran atau kurangnya pemahaman yang dialami siswa dalam mencapai tujuan belajar, yang ditandai dengan adanya hambatan serta penguasaan pengetahuan dan prestasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu minat belajar, 62% subjek yang tidak tertarik belajar Bahasa Indonesia. Pada kecakapan belajar 69% subjek tidak menyimak pelajaran dengan baik saat kegiatan belajar berlangsung. dan cara mengajar guru 52% subjek tidak bertanya ketika guru sedang menjelaskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sugiyono (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung :alfabeta, CV.
Fadillah, M. 2014. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA, Yogyakarta : Ar-Ruzz.
Slqmeto. 2010. Belajar dan Factor-Faktor yang Menpengaruhi Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Nurhana Friantini, Riski dan Winata Rahmat. 2019. Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. (https://www.researchgate.net/publication/339074194_Analisis_Minat_Belajar_pada_Pembelajaran_Matematika). Maret 2019.
Lesmi Juwita Nasation, 2019. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Kurikulum 2013 Kelas IV SD Negeri 101817 Sidodadi Batang Kuis. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Elviana Pabara (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMPN 1 Tikala. (Skripsi) Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Yandri Tanan Paranduk (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkelekila’ dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. (Skripsi) Universitas Kristen Indonesia Toraja.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v13i3.17921
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Meltianus Nelvan, Anastasia Baan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)