Pengaruh Sugesti Imajinasi Dengan Teknik Hypnoteaching Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode sugesti imajinasi dengan teknik hypnoteaching untuk meningkatkan tereampilan menulis cerpen siswa SMPN 2 Rantepao dan apakah penerapan metode ini efektif merangsang ide kreatif siswa dalam menulis cerpen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, observasi, dan perlakuan. Teknik analisis data dengan menggunakan pengelolaan data hasil tes dan analisis statistik. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua kelas serta data pretest dan posttest adalah sampel tidak berdistribusi normal. Hasil Uji Paired Sampel t Test diperoleh Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000<0,005 pada kelas kontrol dan 0,000<0,005 untuk kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest pada kedua kelas tersebut. Berdasarkan Uji Independen Samplet Test diperoleh data bahwa terdapat nilai rata-rata atau mean pada posttest kelas eksperimen sebesar 83,66 dan 76,54 pada kelas kontrol. Nilai tersebut dapat diartikan nilai rata-ratapada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amilia, F. & Doyin. (2016). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Hardiana, T. & Dewi, L. (2019). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Kemendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Misrani. (2022). Pagelaran Wayang Sebagai Upaya Peningkatan Menulis Cerita Melalui Metode Sugesti Imajinasi. [Jenis publikasi tidak disebutkan secara spesifik].
Mulyana, A. (2010). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Mulyati. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, U. (1977). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Gramedia.
Puspita. (2020). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Retnosari, T. (2018). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP. [Jenis publikasi tidak disebutkan secara spesifik].
Rubiah. (2019). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Sinarmata. (2019). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, A. (2004). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Wicaksono. (2014). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
Yulianti, S., Kasman, & Yusmah. (2021). Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. [Jenis publikasi tidak disebutkan secara spesifik].
Yustisia. (2012). [Judul buku atau artikel tidak disebutkan secara spesifik].
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.17917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Resli Pasoloran, Dina Gasong, Resnita Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)