STRATEGI PROGRAM PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROFESIONALISME GURU SMK MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU (Studi Deskriptif Program Baitul Arqam)

Yuliani Yuliani, Ahmad Suryadi, Zulfitria Zulfitria

Abstract


Penelitian ini membahas strategi program peningkatan kinerja guru dalam profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi program Baitul Arqam di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru,  dan capaian kegiatan program Baitul Arqam dalam meningkatkan komptensi guru yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah Program Baitul Arqam dilaksanakan dengan terencana dan matang dengan menentukan beberapa hal penting yaitu jumlah peserta, lokasi kegiatan, tim instruktur yang di mandat, materi yang akan dimasukkan dalam kegiatan, serta agenda selama kegiatan, dan waktu pelaksanaan kegiatan. Program Baitul Arqam memberikan dampak terhadap kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dan berdasarkan nilai pretes dan postes didapati adanya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan selama Program Baitul Arqam berlangsung.


Keywords


Program Peningkatan Kinerja, Baitul Arqam, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan.

Helmi, J. 2015. Kompetensi profesionalisme guru. Al-Ishlah:Jurnal Pendidikan, Volume 7 Nomor 2, (http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/43, diakses 01 Agustus 2022).

Lailatussaadah, L. 2015. Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita.

Nasution, W. N. 2017. Strategi pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 92-102.Said Hasan. 2018. Profesi dan Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v14i1.17910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yuliani Yuliani, Ahmad Suryadi, Zulfitria Zulfitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)