PENERAPAN PENDEKATAN OUTDOOR REAL DRAWING PADA MATA KULIAH GAMBAR ARSITEKTUR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ARSITEKTUR

Lucy Yosita, Nuryanto Nuryanto, Agara D Gaputra, Yudhistira K, Suhandy Siswoyo

Abstract


Penelitian ini memiliki latar belakang berupa masih kurangnya dasar dasar keahlian (skill) menggambar arsitektur pada mahasiswa arsitektur tingkat pertama, sementara pada tingkat selanjutnya diperlukan kemampuan tersebut. Dengan melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mamahami permasalahan permasalahan inti pada obyek penelitian tersebut dan kemudian mencari strategi untuk mengembangkan skill dan motivasi mahasiswa dalam hal di atas. Dalam prosesnya pembelajaran terbagi menjadi 2 yakni pembelajaran di kelas dan di luar kelas (outdoor learning). Adapun penelitian ini menggunakan metoda mix method yakni menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan melihat hasil belajar dan persepsi peserta didik dan menganalisisnya guna dapat melakukan refleksi evaluasi dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yakni menjadi 80% dalam kondisi baik dari hasil pretest awal dimana hanya 15% yang kondisinya baik. Kemudian persepsi mahasiswa yakni pada angka 8,43 pada skala 9 terhadap proses belajar yang telah mereka terima.

Keywords


Outdoor learning, Menggambar Arsitektur, Learning motivation, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Adila M et all (2021) ,The Contribution of Online Assistance for Student Learning Outcome During Distance Learning to The Technical Drawing Subject at Public Vocational High School 6 (PVHS 6) in Bandung, Journal of Architectural Research and Education, Vol 3 No 2 UPI.

Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 2209–2219.

Ariesandy, K. Trisnadewi. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa.” Wahana Matematika dan Sains 15(1): 1858–0629. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695. Bengkulu. Jurnal Pustaka Indonesia (JPI), 2(2), 1–9.

Brierton S., Wilson E., Kistler M., Flowers J., Jones D. (2016). A comparison of higher order thinking skills demonstrated in synchronous and asynchronous online college discussion posts. Nacta Journal, 60(1), 14–21.

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Daud, R. M. (2020). SISTEM PENDIDIKAN FINLANDIA SUATU ALTERNATIF SISTEM PENDIDIKAN ACEH. In PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN (Vol. 8).

DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KULON PROG, Jurnal Primaedukasia, UNY

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Easterbrooks, S. R. & Scheets, N. A. (2004). Applying critical thinking skill to character education and values clarification with student who are deaf or hard hearing [Versi elektronik]. American Annals of the Deaf, Vol 149, No. 3, pp.255-263.

Fachrurrazi, A., & Kurniasari, C. (2017). The Influence of Outdoor Learning to Improve Children ’s Creativity. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE-16), 58, 20–26.

Fatturahman Pupuh, dkk, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung, Refika Aditama, 2013

Hamalik (2015), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama

Hervindo AD, et all (2021) Development of Audio Visual Based Learning Media on Technical Drawing Subjects, 6th UPI International Conference on TVET 2020 (TVET 2020, Atlantis Press, Page 134-138.

Jucker et all (2022), High-Quality Outdoor Learning : Evidence-based Education Outside the Classroom for Children, Teachers and Society, Springer Link Publishing

Lickona, T. (2001). What is good character? [Versi Elektronik]. Reclaiming Chidren and Youth, 239-251. Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.

Magunayasa (2017), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Kelas V SD, Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, Universitas Pendidikan Ganesha

Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Prihastari et all (2014), Mengembangkan Outdoor Learning Dalam Perkuliahan Geometri Dan Pengukuran Bagi Calon Guru SD, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 2 Tahun 2023

Rodríguez, et all (2009), Exploring Outdoor Education and Research in Architecture, Discover Journals, Books & Case Studies

Rosdiana AF et all (2020), Student learning motivation on Actionbound application implementation in construction and building utilities subject, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Vol 830, No 4, IOP Publishing.

Safrida LN (2017), Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Lesson Study, Jurnal Edukasi UNEJ

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada

Sitorus, et all (2018), Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Keterampilan Mengajar Guru, JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 3 No. 2, Juli 2018, Hal. 233-238

Stovika Eva Darmayant, dkk (2014), EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER, Jurnal Prima Edukasia, UNY, Yogyakarta

Sukmaliah, N. E., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2018). METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR KECERDASAN SOSIAL. Jurnal ADHUM, VIII (1), 29– 44

Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bandung: Bumi Aksara

Wilhelmsson, B. (2012). Teachers ’ Intentions for Outdoor Education : Conceptualizing learning in different domains . Departement of Science and Mathematics Education.

Yamin. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: GP Press

Zelayanti, N., Satria, I., & Eliya, I. (2022). Implementasi Metode Outdoor Study Pada

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2015




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.17104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lucy Yosita, Nuryanto Nuryanto, Agara D Gaputra, Yudhistira K, Suhandy Siswoyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)