Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Projected Jenis In-Focus dan LCD Projector

Yusuf Yusuf

Abstract


Media pembelajaran projected jenis In-Focus atau LCD Projector dan diujicobakan dalam pembelajaran konsep Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di Masa Mendatang di kelas VII semester ganjil. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan tahapan–tahapan sebagai berikut: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi, Yang terdiri dari dua siklus. Data yang terkumpul dari hasil catatan anekdot, catatan harian peneliti di analisis dengan teknik deskriptif kualitatif, dengan melukiskan dan memaparkan secara detail variabel-variabel yang satu dengan variabel lainnya. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan membandingkan skor tes siklus 1 dan siklus 2. Data yang terkumpul dari hasil angket pada siswa dianalisis secara deskriftif kuantitatif untuk mengetahui tanggapan siswa tentang kelemahan-kelemahan dan hambatan-hambatan yang dihadapi siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajarnya meningkat dengan menggunakan media pembelajaran projected jenis In-Focus atau LCD projector. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mencapai tutas belajar setiap siklus meningkat. Pada akhir siklus kedua siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan KKM 70 adalah 95%, sedangkan siswa yang mendapat skor di bawah standar ketuntasan adalah 5%.


Keywords


Efektivitas, Media Pembelajaran, Projected In-Focus, LCD Projector

Full Text:

PDF

References


Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The influence of the application of power point learning media on ict learning outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01), 479.

Blanchard, Allan. Contextual Teaching and Learning. B.E.S.T. 2001

Dahlan. 1984. Model-Model Mengajar. Penerbit CV Dipanegoro ; Bandung

Hamzah,Yusuf, 2018. Kiat A Sampai Z Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas, Jogjakarta; Al Muflihun Pulishing.

Hamzah,Yusuf, 2019. Kiata A Sampai Z Menjadi Guru Keren, Makassar ; Cendeki Puplisher.

Kurniati, R., & Ramly, R. A. (2022). Development of macromedia flash module in the learning media course faculty of teacher training and education university of pejuang republik Indonesia. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 366-384.

Mukhtar dan Samsu. 2003. Evaluasi Yang Sukses, Pedoman Mengukur Kinerja Pembelajaran. Penerbit Sasama Mitra Suksesa; Jakarta

Nur, Mohammad. 2000, Media Pengajaran dan Teknologi Untuk Pembelajaran. Makalah tidak diterbitkan

Penerbit Direktorat SLTP Depdiknas; Jakarta

Pratama, I. G., Hanif, M., Ramly, R. A., & Khotimah, D. K. (2023, July). Pengembangan media belajar pjok berbasis aplikasi smart learning di masa pandemi. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Riyanto, Theo. 2002. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Penerbit Grasindo; Jakarta

Sadiman, AS. 1990. Media Pendidikan, Jakarta : CV. Rajawali

Salman. 2004. Pendekatan Kontekstual dalam KBM di Sekolah. Artikel. Diakse tanggal 3 Juli 2004 http//www.salman-alfarisi.com/artikel/index.asp?id

Subana dan Sudrajat. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Penerbit CV Pustaka setia; Jakarta

Tim Dirjen Dikdasmen. 2000. Penilaian dan Pengujia Untuk Guru SLTP.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penerbit Dirjen pendidikan tinggi Depdiknas; Jakarta

Toeniloe, A.J.E. 1992. Teori dan Praktek Pengelolaan Kelas. Penerbit Usaha Nasional; Surabaya.

Yusuf, 2019. Kiat A sampai Z Menjadu Guru Primadona, Jogyakarta; Al Muflihun Pulishing.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.15476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yusuf Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)