Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.15475Keywords:
Efektivitas, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan dapat mengatasi kesulitan–kesulitan siswa dalam belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berdampak terhadap peningkatan kualitas pembelajaran yang mencakup kualitas proses dan kualitas hasil belajar. Penelitian tindakan kelas dengan tahapan–tahapan sebagai berikut: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi, Yang terdiri dari tiga siklus. Data dikumpulkan melalui instrumen yang disusun oleh peneliti yang terdiri dari: (1) catatan anekdot, (2) catatatan lapangan mencakup deskripsi reperensi misalnya pelajaran yang lebih baik, perilaku, dan (3) analisis dokumen. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan membandingkan skor tes siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kelas VII-A SMP Negeri 16 Mandai Kabupaten Maros hasil belajarnya meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mencapai tutas belajar setiap siklus meningkat. Pada akhir siklus ketiga siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan KKM 70 adalah 90%, sedangkan siswa yang mendapat skor di bawah standar ketuntasan adalah 10%.
References
Budiningrati, Hermin. 1998. Pengembangan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Pada Pengajaran Fisika di SMU. Tesis. IKIP Surabaya
Darmawati, A., Marwan, M., Suhenrik, P., Ramly, R. A., & Salam, S. (2023). Adaptive Learning in the Independent Curriculum: Integration of Behavioristic, Cognitive and Constructivist Theories in Educational Technology. International Journal of Education, Vocational and Social Science, 2(04), 255-265.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Jaya
Djamarah dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emildadiany, N. 2008. Penataan Tempat Duduk Siswa Sebagai Bentuk
Hamzah Yusuf, 2022. Kiat A Sampai Z Menjadi Guru Keren ; Makassar, Cendekia Publisher.
Hamzah, Yusuf, 2018. Kiat “A” Sampai “Z” Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas: Jogyakarta, Al Muflihun Publishing.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Program Pasca Sarjana Unesa
Ibrohim, Muslimin dkk. 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Lie,Anita.2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia
Pengelolaan Kelas Persiapan Mengajar. Jakarta: Universitas Kuningan
Percivel, Fred. Ellington, Henry (terjemahan Sudjarwo). 1998. Teknologi Pendidikan.Jakarta: Erlangga
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Slavin, E Robert. 1995. Cooperative Learning :Theory, Research, And Practice, New Jersey: Prentice Hall
Sudjana,Nana. 2001. Penilaian Hasil Dan Proses Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, 2019. Kiat A sampai Z Menjadi Guru Primadona, Jogyajkarta, Al Muflihun Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.