Model Project Based Hybrid Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Digital Dalam Filsafat Ilmu Pengetahuan

Surya Priyambudi, Mochamad Nursalim, Siti Masitoh

Abstract


Perpaduan antara project based learning yang menerapkan hybrid learning merupakan pembelajaran secara waktu bersama antara daring dan luring. Informasi dan data yang relevan diperlukan sebagai referensi selama pembelajaran berlangsung, oleh karena itu pebelajar harus memiliki kemampuan literasi digital. Dengan demikian literasi digital harus diintegrasikan dengan model project based hybrid learning, sehingga akan meningkatkan kesadaran pebelajar akan literasi digital yang baik. Metode penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini adalah metode literatur review. Keberadaan ilmu pengetahuan tidak lepas dari sejarah yang merupakan rangkaian catatan lahir dan berkembangnya berbagai ilmu pengetahuan hingga saat ini. Artikel ini membahas tentang keterkaitan proses pembentukan pengetahuan awal yang secara teoritis masih berkaitan erat, khususnya pada peningkatan kemampuan literasi digital dengan menggunakan model pembelajaran project based hybrid learning yang memungkinkan pebelajar menggunakan pemikiran kritis dan keterampilan perolehan pengetahuan untuk menanggapi permasalahan dunia nyata. Model ini dapat memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk pembelajaran dengan cara yang lebih aktif, bermakna, dan meningkatkan keterampilan literasi digital pebelajar. Pembelajar dapat mengembangkan proyek-proyek lain yang sesuai dengan kebutuhan dan minat pebelajar.


Keywords


Project Based Hybrid Learning; Kompetensi Literasi Digital; Filsafat Ilmu Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Alanoglu, M., Aslan, S., & Karabatak, S. (2022). Do teachers’ educational philosophies affect their digital literacy? The mediating effect of resistance to change. Education and Information Technologies, 27(3). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10753-3

Ariani Wirahayu, Y., Nurwahyuni, G., Rosyida, F., & Soelistijo, D. (2022). The Effect of Hybrid Project-Based Learning Using Animated Videos on Creative Thinking Skills in Senior High School. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i16.12178

Cahyadi, A. (2021). Editorial Note: Implementasi dan Evaluasi Project-Based Learning. MAKSIMA: Jurnal Teknologi Pendidikan …, 1(1).

Chua, K. J., & Islam, M. R. (2021). The hybrid Project-Based Learning–Flipped Classroom: A design project module redesigned to foster learning and engagement. International Journal of Mechanical Engineering Education, 49(4). https://doi.org/10.1177/0306419019838335

Dwi Apriyanto. (2022). Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran Menurut Perspektif Filsafat Pendidikan Progresivisme [Universitas Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/219168

Ilma, S., Adhani, A., & Sarira, N. T. (2023). Hybrid project-based learning for problem-solving skils and student creativity in plant anatomy and physiology courses. Biosfer, 16(1). https://doi.org/10.21009/biosferjpb.33888

Ismanto, E., Vitriani, & Khairul Anshari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3628

Kurnia, N., Astuti, S. I., Kusumastuti, F., Monggilo, Z. M. Z., Prananingrum, E. N., & Adikara, G. J. (2021). Seri Modul Literasi Digital Kominfo-Japelidi-Siberkreasi. Kominfo.

Made Juniantari. (2023). Analysis of the Condition of Knowing About Knowledge and Its Implementation in 21st Century Education. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3).

Martín, C., Moreno Segarra, I., Ibáñez, M. A., Mira, S., Fajardo, C., & González-Benito, M. E. (2021). Effectiveness of a Hybrid Project-Based Learning (H-PBL) Approach for Students’ Knowledge Gain and Satisfaction in a Plant Tissue Culture Course. Education Sciences, 11(7), 335. https://doi.org/10.3390/educsci11070335

Mustaji, S. M., & Pradana, H. D. (2022). Development of hybrid project-based learning in State University of Surabaya. In Innovation on Education and Social Sciences. https://doi.org/10.1201/9781003265061-2

Nurhayati, N. H. (2021). Filsafat Ilmu Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(2). https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i2.409

Paul Gilster. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub.

Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Probowati, Y. (2022). Pengembangan Aplikasi Virtual Class Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Mahasiswa STKIP Bina Insan Mandiri. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 5. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v5i0.1674

Rani, T. P. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEANRNING DALAM PERSPEKTIF ONTOLOGI DAN EPISTEMOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.1956

Raval, M. S. (2019). Hybrid project-based learning in computer vision. International Journal of Electrical Engineering Education. https://doi.org/10.1177/0020720919857632

Saputra, D. I., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LOGIKA FUZZY. Innovation of Vocational Technology Education, 9(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i1.5089

Thamrin, T., Hutasuhut, S., Suharianto, J., & Aditia, R. (2022). Project-Based Hybrid Learning; Effectiveness, Quality of Writing A Thesis Proposal, Independence, and Learning Satisfaction. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(6). https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i6.257

Waryani Fajar Riyanto. (2021). Filsafat Digital Integral: Reformulasi Program Literasi Digital Nasional di Era Pandemi Covid-19 di Indonesia. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 9(2).

Wijayatiningsih, T. D., Muhammad Muhibbi, Dodi Mulyadi, & J-Roel B.Semilla. (2023). Integrating Hybrid Learning and Team-Based Project in EFL Writing Class. JEES (Journal of English Educators Society), 8(2). https://doi.org/10.21070/jees.v8i2.1738




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v13i1.14290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Surya Priyambudi, Mochamad Nursalim, Siti Masitoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)