Media Pembelajaran Berbasis WEB Pada Mata Pelajaran Matematika: Systematic Literatur Review
Abstract
Media pembelajaran berbasis web adalah media yang memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi tinjauan literatur yang terkait dengan penggunaan / penerapan media pembelajaran berbasis web dalam mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pencarian jurnal dilakukan melalui database penyedia jurnal internasional milik Google yaitu Google Scholar (scholar.google.com) Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajran matematika dengan berbasis web google dapat meningkatkan kemampuandan sangat mudah bagi peserta didik dapat belajar secara mandiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adzkiya, Dilla S., & Suryaman, M. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate, 6(2), 20-32.
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007.
Ashoumi, H., & Shobirin, M. S. (2019). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Media Sains (SNasTekS), 1(September), 149–160.
Darussalam, A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif (Blog) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Sub Kompetensi Dasar Merancang Website. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2), 1-7.
Febriantika, L. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. JURNAL BAJET (Baturaja Journal of Educational Technology), 2(2), 135-137.
Hartono, E. (2012). Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 1 Bantul (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).
Hutabarat, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Methodist 9 Medan TA 2020/2021 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Irianti, N. P., & Wicaksono, A. A. (2021). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(1), 1-9.
Januarisman, E., Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.
Kuswanto, J. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(2), 11-20
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763.
Mulyadi, G. A., Firman, & Rusdinal. 2021. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. 3(3), 520-532.
Octaria, D., & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 123-135.
Pratama, F. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 182. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9723.
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2).
Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat dengan Metode Drill and Practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131-146.
Rahayu, S., Iqbal, M., & Budiman, R. D. A. (2021). Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis web dan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 177-184.
Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2367-2375.
Rijal, A. S., & Jaya, R. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Jurnal IDEAS: Pendidikan, Sosial, Budaya, 6(1), 81-96.
Riyadi, H., Utomo, B. Sapto., & Masatip, A. 2017. Pengaruh Komunikasi, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen Pada Perguruan Tinggi Pariwisata Swasta Di Jawa Barat. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 7(2), 73-90.
Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21.
Suanah, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis web desain wix materi bangun ruang matematika SD Kelas V. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 243-252.
Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada muatan pembelajaran matematika kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040-6048.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13485
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Asmawati Asmawati, Hasma Dewi, Winda Pratiwi, Nur Ratnasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)