Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan

Nur Ariandini, Andi Hidayati

Abstract


Pendidikan adalah salah satu pilar penting dalam pembentukan masa depan bangsa. Perubahan pesat dalam dunia yang dipenuhi dengan ketidakpastian dan destruksi mendorong pemerintah untuk mengevaluasi dan memperbarui kurikulum pendidikan. Di Indonesia, upaya ini dilakukan melalui Kurikulum Merdeka yang mencakup tingkat pendidikan mulai dari dasar hingga perguruan tinggi. Dalam upaya menjawab tantangan dunia yang terus berubah, kurikulum ini diintegrasikan dengan teori-teori pendidikan yang beragam, seperti teori behavioristik, kognitif, dan konstruktivis, sesuai dengan tingkatan pendidikan dan bidang teknologi pendidikan. Pendekatan yang menyelaraskan pendidikan dengan tantangan dunia yang terus berubah. Integrasi teori behavioristik, kognitif, dan konstruktivis sesuai dengan tingkat pendidikan dan bidang teknologi pendidikan adalah kunci keberhasilannya. Dengan pendekatan ini, diharapkan lulusan dapat menghadapi ketidakpastian dan destruksi dengan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman yang kuat.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Behavioristik, Kognitif, Konstruktivis

Full Text:

PDF

References


Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

E Triandini dkk. “Metode SYSTEMATIC Literature Review Untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia”. (STMIK STIKOM Bali, Denpasar). Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), Vol. 1, No, 2, 2019.

Eko Agus Cahyono, Sutomo, Aris Hartomo. “ Literature Review; Panduan Penulisan dan Penyusunan”. (Akademi Keperawatan & STIKES Dian Husada, dan STIKES Bhakti Husada Mulia). Jurnal Keperawatan, Vol. 12, No. 2, 2019

Herliani, D.T. Boleng, dan E.T. Maasawet. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.

John W. Santrock, (2007), Edisi kedua, Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Jordan, Elizabet Anne, (2006), Educational Psychology: A Problem-Based Approach, Pearson Educational.Inc.

Jordan, Elizabet Anne, (2006), Psychology: A Problem Pearson Educational.Inc. Muhibbin Syah, (2008), dengan Pendekatan Baru, Rosdakarya, Bandung.

Muhibbin Syah, (2008), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Penerbit: Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nurhalizah, T., Meliana, S., Dedih, U., & Erihadiana, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3783-3794.

Paul Eggen & Don Kauchak, (2007), Educational Psychology Windows on Classrooms, Person International Edition, Inc New Jersey.

Purba, Sukarman, dkk. (2021). Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, Akhmad Pandu. 2016. “Aplikasi Teori Behavioristik Dan Konstruktifistik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Mojokerto.” Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 6(2):33–46. Doi: 10.32616/Tdb.V6.2.16.33-46.

Syamsu Yusuf, LN., (2009), Perkembangan Anak dan Remaja Remaja Rosdakarya. Bandung. Paul Eggen & Don Kauchak, (2007), Psychology Windows on Classrooms International Edition, Inc New Jersey.

Syamsu Yusuf, LN., (2009), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Ariandini, Andi Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)