Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring

Yusuf Yusuf, Masding Masding

Abstract


Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa yang mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dengan kehidupan sehari-hari. Model REACT adalah pembelajaran yang mengutamakan keterkaitan (relating), pengalaman langsung (experiencing), penerapan atau aplikasi (applying), kerjasama (cooperating), alih pengetahuan (transferring)”. Dengan diterapkannya model pembelajaran ini pada mata pelajaran ekonomi maka siswa dapat mengaitkan dan mengalami atau mempraktekkan materi yang sedang dipelajari, membantu siswa menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan memotivasi siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan didalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian diatas, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual model relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT), pada mata pelajaran Tekonologi Informasi dan Komunikasi dikelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual model REACT dapat meningkatkan motivasi belajar terhadap siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari keaktifan dan keantusiasan siswa dalam pembelajaran serta termotivasinya siswa untuk lebih mengetahui akan sesuatu yang baru berdasarkan dari hasil pencarian dan penemuan sendiri. Dari tiga siklus yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa nilai post test siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 4,63%, pada siklus II sebesar 15,31%, pada siklus III sebesar28,44%.


Keywords


Pembelajaran Kontekstual, (REACT), Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmed, A. A. A., Ampry, E. S., Komariah, A., Hassan, I., Thahir, I., Hussein Ali, M., ... & Zafarani, P. (2022). Investigating the effect of using game-based learning on EFL learners’ motivation and anxiety. Education Research International, 2022.

Akram, A., Arikah, N., & Pratiwi, R. A. A. (2023). MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE CAR (Classroom Action Research) KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA MUHAMMADIYAH BUNGORO. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 151-155.

Arifin. Kontekstual Teaching and Learning (CTL). www.freedownloadbooks.net, diakses 19 Mei 2010.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ayu, S., & Almukarramah, A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR. Jurnal Kependidikan Media, 10(3), 177-183.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur‟an dan Terjemahannya. Bandung: Syaamil Cipta Media

Dimyati dan Mujiono.1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hafi. Motivasi Belajar. www.haveza. multiply.com/reviews, diakses 19 Mei 2010

Hamzah,Yusuf. 2018. Kiat “A” sampai “Z” Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas. Jogyakarta: Al Muflihun Publishing.

Hikmawati, Farida. 2008. “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Melalui Metode Pembelajaran Konstektual di MA Ma’ahid Kudus”, Skripsi, Fakultas

Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 795-801.

Johnson, Elaine. 2007. Contextual Teaching and Learning;Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. terj., Ibnu Setiawan. Bandung: Mican Learning Center.

Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Surakarta. http:www.ptkgurublog at wordpress, diakses 27 Desember 2009.

Majid, Abdul. 2010. Rencana Penelitian Tindakan Kela., www.Google.com, Diakses 16 Juni 2010

Moleong, J Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Nadhirin. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). http://nadhirin.blogspot.com. diakses 19 Mei 2010.

Nasir, N., Nurindah, N., Rauf, A., Ayu, S., & Hambali, U. (2022). Desain Media Pembelajaran Prakarya Berbasis Smart Apps Creator. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(3), 226-232.

Ni’mah, Nunin. 2007. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Strategi REACT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran TIK di Kelas VII-A SMP Kartika Malang”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Razak, Irfa. Model Pembelajaran Kontekstual. http://www5.shoutmix.com, Diakses 19 Mei 2010

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana,

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Shalih Alu Abdillah, bin, Abul Qa’qa’ Muhammad bin. 2005. 102 Kiat Agar Semangat Belajar Agama Membara. Terj. Nurul Mukhlisin. Surabaya: La Raiba Bima Amanta

Sudrajat, Akhmad. Pembelajaran Kontekstual. Http: www.blog at wordpress.Com, diakses 27 Desember 2009.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu dan Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Uno, Hamzah. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidmurni. 2005. Bahan Ajar Penelitian Pembelajara. Malang: UIN Malang Press.

Wiriaatmaja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zuriah , Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan;Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yusuf Yusuf, Masding Masding

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)