Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13026Keywords:
media baamboozle, evaluasi pembelajaran, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media aplikasi pembelajaran Baamboozle sebagai media evaluasi hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri 40 Bulukumba. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII E dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai perbandingan nilai statistik dan perbandingan kategori hasil belajar, telah terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris setelah menerapkan game based learning (Baamboozle) sehingga dapat digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas dan semangat belajar siswa. dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa melalui analisis statistik deskriptif bahwa sebelum menggunakan media Baamboozle rata-rata nilai siswa masih dalam kategori low interval dan setelah menggunakan media Baamboozle rata-rata nilai siswa berada pada kategori high interval secara signifikan. Diketahui bahwa nilai rata-rata hasil Pretest siswa adalah 38,32 dan nilai rata-rata hasil Posttest siswa adalah 72,32, dimana nilai Posttest lebih besar dari nilai Pretest. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa t-hitung yang diperoleh adalah 29-92 dengan frekuensi df= 28-1=27, pada taraf signifikansi 0,05 atau 5% t tabel adalah 1,703. Jadi t-hitung > t-tabel atau H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media Baamboozle dalam pembelajaran khususnya dalam mengevaluasi pembelajaran siswa kelas VIII E mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 40 Bulukumba memberikan respon positif terhadap media pembelajaran ini
References
Abuddin Nata, (2011) Persfektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.
Ayu, S., Syatrian, E., Akib, E., & Nurlina, N. (2023). PENERAPAN TECNOLOGOCAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SEKOLAH KEBANGSAAN MALAYSIA-INDONESIA. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 36-40.
Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 795-801.
Kasman, K. (2021). Implementasi media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 1-12.
KBBI. 2021.Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online) Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Mahande, R. D., Akram, A., & Rahman, E. S. (2022). A PLS-SEM Approach to Understand ARCS, McClellands, and SDT for The Motivational Design of Online Learning System Usage in Higher Education. Turkish Online Journal of Distance Education, 23(1), 97-112.
Nasir, N. (2020). THE DEVELOPMENT OF WEB-BASED ISLAMIC EDUCATION LEARNING MEDIA (PAI) IN VIII CLASS OF UNISMUH SMP MAKASSAR. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(01), 127-138.
Nurrahmah. A. dkk (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika 1. Bandung. Media Sains Indonesia.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang. Wineka Media
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta.
Thahir, I., & Rhamadan, N. (2022). Pembuatan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), 533-541.
Wardani, D. K. (2020). Pengujian Hipotesis (deskriptif, komparatif dan asosiatif). Jombang. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.