PENGARUH STRUKTUR KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA

Asrijal Asrijal, Isnada Isnada, Muhammad Al Muhajir, Etty Rosmiaty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keseimbangan kinerja komponen struktur kepribadian. Variabel yang diteliti adalah struktur kepribadian siswa (X), Perilaku siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif regresional, Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari struktur kepribadian terhadap perilaku belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi sederhana dengan uji-t. Hasil analisis deskriptif untuk variabel struktur kepribadian siswa adalah Cukup dengan Presentase sebesar 38%, dengan jumlah siswa sebanyak 72 Orang. Untuk perilaku belajar asiswa dengan kategori yang cukup sebanyak 61 orang dengan persentase 43 %. Hasil analisis statistik inferensial (uji-t) dengan α = 0,05 dan dk = 139 diperoleh t hitung = 10,38. Ternyata harga F hitung = 10,38> dari F table = 1,98, sehingga Ho di tolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara struktur kepribadian terhadap perilaku belajar siswa.


Keywords


Kepribadian, Perilaku Belajar

Full Text:

PDF

References


Akram, A., Nurindah, N., & Nasir, N. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Desa Anrihua Kab. Bulukumba. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 223-226.

Alwisol. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Cet. Kesembilan. Malang: UMM Press, 2010.

Anggoro, M. Toha dkk. Metode Penelitian. Cet. Kelima. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Danim, Sudarwan. Pengantar Pendidikan (Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2010.

Irianti, I., & Tahir, I. (2022). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA SOMBA OPU. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 75-81.

Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.

Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.

Kasman, K. (2021). Implementasi media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 1-12.

Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiry Setting Kooperatif Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 104-115.

Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Ramly¹, R. A., & Alfadil, M. T. Jurnal Galeri Pendidikan.

Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).

Salam, S., Suhenrik, P., Marwan, M., & Sekarjati, S. D. (2023). Media Pembelajaran Reka Bentuk Prasejarah Pada Makam Datuk Sulaiman. Jurnal Kependidikan Media, 12(1), 8-16.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Cet. Keenam. Bandung: Alfabeta. 2008.

Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian; Edisi I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Tiro, Muhammad Arif dan Baharuddin Ilyas. Statistika Terapan untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Makassar: Andira Publisher, 2007.

Tirtaraharja, Umar dan S. L. Lasulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Trianto. Mendesain Pembelajaran Kontekstual Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008.

Wawan, A dan Dewi M. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia (Medical Book). Cet. Pertama. Yogyakarta: Nuha Medika, 2010.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.12128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asrijal Asrijal, Isnada Isnada, Muhammad Al Muhajir, Etty Rosmiaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)