Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19

Asri Tapa, Hidayah Hidayah

Abstract


Sektor pendidikan yaitu salah satu aspek kehidupan di Indonesia yang sangat terganggu denganmerebaknya firus Covid-19. Untuk menjaga kesehatan warga, kemudian pemerintah mengambil langkah denganmelakukan penutupan pada sektor pendidikan dengan harapan dapat mengantisipasi kemungkinan adanya akibat yang akan ditimbulkan oleh firus corona. Agar pelajar bisa memperoleh haknya untuk mendapatkan layananpendidikan, sebagai alternatif kemudian dekeluarkanlah Kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR). Ketersediaan sarana dan prasarana dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana siswa kelas XI di SMK Kartika XX-I Makassar menjalaniproses belajar mengajar pasca pandemi COVID-19 dengan pembelajaran tatap muka. Dalam penelitian ini, penelitimenggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dikombinasikan dengan deskriptif kuantitatifdimaksudkan untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena dan data yang berkaitan dengan penelitian. Hasilbelajar dan prestasi belajar siswa, keduanya meningkat sebagai hasil dari temuan tersebut. Pada kelas XI terlihat adanya peningkatan nilai pada pembelajaran tatap muka, seperti terlihat pada tabel 1, yang sesuai dengan analisis data deskriptif yang peneliti sajikan sebagai penguatan hasil penelitian. Pembelajaran tatap muka sangat efektif dilakukan pasca pandemic Covid-19 dalam meningkatkan minat belajar siswa maupun nilai hasil belajarnya,menurut pengamatan aktivitas belajar siswa dan tes yang dilakukan selama penelitian.

Keywords


Efektivitas Pembelajaran, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Agregasi Madiun Pos, Provinsi Jawa Timur Penyumbang TKI Terbesar, Koran Online edisi 26 Desember 2016, Madiun Pos.com , diakses 23 April 2018

Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.

Bunyamin Maftuh, 2008, “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Educationist. Vol. II. No.2, pp 134-144

Esis. Margono, 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta:Pineka Cipta.

Hara, AE. Kebanggan Berbangsa Indonesia. Kompas, 17 Agustus 2000.

Ihsan. 2017. Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/download/571/502) diakses 13 Maret 2018.Dan Kewarganegaraan Di Sekolah, (Online), Vol.2 (02) : 48 – 58, (http://

Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.

Isep, 2013 ”Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Hukum Dalam Mengupayakan Internalisasi Hukum di Kalangan Peserta Didik” (studi kasus di madrasah aliyah negeri Tanggeung Kabupaten Cianjur). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14 (1), hlm. 13-20.

Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.

Isnada, I., & Masding, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 12 Makassar. Celebes Biodiversitas: Jurnal Sains Dan Pendidikan Biologi, 4(1), 17-24.

Kartodirjo, Sartono, 1999, Multidimensi Pembangunan Bangsa Etos Nasionalisme dan Negara Kesatuan, Yogyakarta: Kanisisus.

Listyarti Retno. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta

Meleong . Lexy, J. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiry Setting Kooperatif Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 104-115.

Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Rosmiati, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Scramble Kelas X Sma Negeri 12 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 31-43.

Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).

Salam, S., Suhenrik, P., Marwan, M., & Sekarjati, S. D. (2023). Media Pembelajaran Reka Bentuk Prasejarah Pada Makam Datuk Sulaiman. Jurnal Kependidikan Media, 12(1), 8-16.

Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Tapa, A. (2021). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Wakatobi. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.12000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asri Tapa, Hidayah Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)