PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTAIF TIPE SNOWBELL TROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Kaso Mustamin, Arwaty Arwaty, Muhammad Arsal

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Biologi melalui penerapan Penerapan Pembelajaran Snowbell Trowing Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Barru yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Snowbell Trowing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi. Aktifitas siswa diukur dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas dengan nilai rata-rata persentase aktivitas positif 75,34% pada siklus I meningkat menjadi 79,67 pada siklus II atau terjadi peningkatan 15,91%. Hasil belajar Biologi siswa yang diukur dengan rata-rata nilai yang diperoleh dan persentase ketuntasan belajar siswa, yang berdasarkan nilai KKM, yaitu 80. Pada siklus I rata-rata perolehan nilai sebesar 79,77 dan 76,92% siswa tuntas belajar. Pada siklus II rata-rata perolehan nilai meningkat menjadi 84,27 dan 96,15% siswa tuntas belajar. Terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 4,50 dan dan peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 19,23%.

Keywords


Model Pembelajaran, Snowbell Trowing

Full Text:

PDF

References


Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.

Asrori Mohib. 2010. Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan

Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press

Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah

Pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal

Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.

Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem

Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.

Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiry Setting Kooperatif Untuk

Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 104-

Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp

Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X

Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar

Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).

Salam, S., Suhenrik, P., Marwan, M., & Sekarjati, S. D. (2023). Media Pembelajaran Reka Bentuk

Prasejarah Pada Makam Datuk Sulaiman. Jurnal Kependidikan Media, 12(1), 8-16.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (ed. Rev). Jakarta: Rineka Cipta

Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil

Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada

Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.

Tapa, A. (2021). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping

Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Wakatobi. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Jsakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.11991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kaso Mustamin, Arwaty Arwaty, Muhammad Arsal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)