Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperative Profesional Development (CPD)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allan. A. Glatthorn. 1987. Cooperative Professional Development. Greenvile: Association for
Supervision and Curriculum Development.
Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional
Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Burhanudin,(1994).Analisis administrasi manajemen dan kepemimpinan pendidikan. Jakarta :
Bumi Aksara
E. Mulyasa, (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Gibson, James L., (1996). Organization, behavior, structure and prosess. Organisasi, perilaku,
Struktur dan proses (Terjemahan Nunuk Adiarni). Jakarta Binarupa Aksara
H.A.R. Tilaar,(2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1992. Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV.
Mandar Maju.
Hamzah, Yusuf. 2018. Kiat “A”sampai”Z” Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas.
Jogyakarta:Al Muflihun Buplishing.
Imron Ali. 1995. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.
Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada
Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal
Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.
Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang
Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Sahertian, Piet. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka
Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X
Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture
Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).
Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada
Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11962
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yusuf Yusuf, Andi Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)