PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nur Ariandini, Rizal Arizaldy Ramly

Abstract


Demi mencapai hasil belajar yang memuaskan dengan sistem pendidikan yang semakin maju dan didukung dengan perkembangan teknologi di era revolusi industry 4.0 menjadi fokus utama dalam penelitian ini dalam penggunaan multimedia pembelajaran interaktif bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental desain. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 20 siswa dengan cara sampling nonprobalitas pertimbangan dengan jenis sampling purposive dimana peneliti memilih satu kelas untuk dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif dan inferensial menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memudahkan siswa untuk memahami materi dengan perolehan skor rerata 33,20 pada post-test yang dapat dikategorikan sangat tinggi jika dibandingkan dengan perolehan skor rerata 20,95 pada pre-test termasuk dalam kategori sedang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran interaktif di SMP Negeri 5 Makassar.


Keywords


Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Nasir, N., Akram, A., Ayu, S., Hambali, U., & Ikbar, I. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Guru Di Desa Balibo Kecamatan Kindang. Patikala: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 469-473.

Nur, D., Sihaloho, M., & Bialangi, N. (2014). Identifikasi Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Persamaan Reaksi dan Perhitungan Kimia Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jambura Journal of Educational Chemistry, 11(1), 50-56.

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi Whatsapp Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 147-159.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)