PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MELALUI KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya sekolah dan kepemimpinan kepala sekola melalui kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di kordinator wilayah kecamatan tamalate kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan desain kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yaitu pegawai negeri sipil di coordinator wilayah kecamatan tamalate kabupaten Jeneponto 165 guru, dengan menggunakan tehnik sampling jenuh, sehingga sampel akhir yang dilibatkan adalah 165 guru. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, interview dan dokumentasi, sedangkan analisis data adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah mampu mempengaruhi secara langsung prestasi belajar siswa maupun secara tidak langsung melalui kinerja guru. Budaya sekolah ditunjukkan dengan adanya nilai-nilai yang dianut oleh sekolah memberikan tolak ukur yang baik bagi seluruh komunitas sekolah untuk menjaga dan mempertahankan apa yang dianutnnya, begitupun kepemimpinan kepala sekolah yang memberikan banyak kesempatan kepada guru ataupun siswa menyampaikan ide-ide ataupun masalah yang dihadapinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Agus Indriyo, Gitusudarmo dan Basri. (2002). Manajemen Keuangan. Yogyakarta :BPFE
Akhmad Muhaimin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogja: Ar-Ruz Media.
Ali, R., Pananrangi, A. R., & Syahruddin, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Penghargaan Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. YUME: Journal of Management, 2(3).
Amanah, A. R., Nongkeng, H., & Budiman, B. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Sekolah, Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Karya Teknik Watansoppeng. YUME: Journal of Management, 1(3).
Andry, Z., & Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Upt. Sma Negeri 19 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 29-37.
Ansar & Masaong. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Gorontalo: Sentra Media
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur),. Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Baedowi, Ahmad. (2015). Manajemen Sekolah Efektif. Jakarta: PT Pustaka Alvabet
Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi,Manajemen dan Kepemimpinan Guru di. Indonesia. Jakarta: PenerbitBumi Aksara
Christiani, P. (2016). Pengaruh budaya sekolah dan dukungan orangtua terhadap prestasi belajar mata pelajaran IS siswa kelas VII di SMP neger 2 kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 76-89.
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani
Diemari Mardapi. (2003). Desain dan Penilaian Pembelajaran Mahasiswa. Makalah disajikan dalam Lokakarya Sistem Jaminan Mutu Proses Pembelajaran.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal lImu Pendidikan, 14(2).
Febriantina, S., Lutfiani, F. N., & Zein, N. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, 2(2), 120-131.
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.1177/107049659800700202
Gusman, H. E. (2020). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293-301.
Hasibuan, Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendrawati, A., & Prasojo, L. D. (2015). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya sekolah terhadap prestasi belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 141-157.
Herliana, M. N. (2017). Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa SMP Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Journal Sport Area, 2(2), 44-52.
Iskandar, I., Umar, A., & Tamsah, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. YUME: Journal of Management, 1(1).
Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.
Isnada, I., & Masding, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 12 Makassar. Celebes Biodiversitas: Jurnal Sains Dan Pendidikan Biologi, 4(1), 17-24.
Koesoema Doni. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: KANISIUS (Anggota IKAPI)
Kusmianto. (1997). Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta : Erlangga
Lathifah, F. (2020). Pengaruh Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah danBudaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Poncol Tahun Ajaran 2019/2020. IAIN Ponorogo.
Lestari, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Siswa. Satya Widya, 32(2), 127-132.
Luthans. (2003). Organization Behaviour, (Alih bahasa Nurdin Sobali),. Erlangga Jakarta.
Malthis Robert L. & Jackson John H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Medika
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40.
Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi,. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Rosmiati, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Aktif Yang Menggunakan Kartu Sortir (Card-Sort) Di Sman 12 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Rosmiati, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Scramble Kelas X Sma Negeri 12 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 31-43.
Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).
Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kependidikan Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)