MEDIA PEMBELAJARAN REKA BENTUK PRASEJARAH PADA MAKAM DATUK SULAIMAN

Supardi Salam, Suhenrik P, Marwan Marwan, Siti Danvi Sekarjati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas tentang bentuk dan makna pada makam ulama “Datuk Sulaiman” yang terletak di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. “Studi Bentuk dan Makna Makam “Datuk Sulaiman” di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara” menggunakan jenis penelitian penelitian sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap fakta, keadaan, fenomena, bentuk, makna, dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah Bentuk dan Makna Makam “Datuk Sulaiman” di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi (foto) dikumpulkan lalu diadakan kategorisasi data dengan merangkum informasi yang dianggap penting, kemudian disusun menjadi bagian- bagian untuk diperiksa kebenarannya dan selanjutnya diadakan penafsiran data. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini dapat memberikan gambaran yang jelas, benar, dan lengkap, tentang keadaan pada makam Datuk Sulaiman di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Makam Datuk Sulaiman merupakan peninggalan sejarah yang bernilai historis tinggi dan termasuk salah satu cagar budaya Luwu dengan latar belakang masuknya Agama Islam terutama di daerah Pattimang kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara.

Keywords


Media pembelajaran Reka Bentuk, Prasejarah, Makam Datuk Sulaiman

Full Text:

PDF

References


Andry, Z., & Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Upt. Sma Negeri 19 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 29-37.

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Badan Pusat Statistik Kecamatan Malngke dalam Angka Tahun 2020. Luwu Utara: BPS, 2020.

Boland, B. J. 1985. Pergumulan Islam di Indonesia. Jakarta: Grafiti

Dahlan Abdul Aziz. 1997. Ensiklopedi Hukum Islam, Jilid II, Jakarta: Ichtiar Baru Fan Hoeve

Dahlan, Ahmad. 2016. “Variabel Penelitian”. Dikutip dari http://www.eurekapendidikan.com/2015/09/pengertian-dan-jenis-jenis-variabel-penelitian-evaluasi.

Irawan Deddy. 2017. Paradigma Pendidikan Seni. Yogyakarta: Thafa Media

Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.

Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.

Kaplan David. 2000. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (IKAPI)

Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya

Kuntowijoyo. 2013. Pengantar ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya

Liliweri Alo. 2011. Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

M. Akil, S. 2008.“Luwu Dimensi Sejarah, Budaya, dan Kepercayaan”: IKAPI.

Moh. Fadillah Ali, 2000. “Kedatuan Luwu Perspektif Arkeologi, Sejarah dan Antropologi”.Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin.

Nuraeni gustini. 2012. “Studi Budaya Indonesia”. Bandung: CV Pustaka Setia.

Peurseun Van. 1988. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius (IKAPI)

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Reality, tim. 2008. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: REALITY PUBLISHER

Rohendi Rohidi, Tjetjep. 2011. Metode Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).

Subiantoro, Benny. 2016. Seni Budaya. Makassar. (Tidak dipublikasikan)

Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persad




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.11928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)