Pengaruh Motivasi Arsitektural, Motivasi Non-Arsitektural, dan Kegiatan Terhadap Keinginan Kunjungan Kembali ke Kedai Kopi

Besse Windryadewi Asys, Hanson Endra Kusuma

Abstract


Tingginya tingkat konsumsi kopi di Indonesia menjadikan bisnis kedai kopi terus meningkat. Meminum kopi tidak lagi menjadi penghilang kantuk namun menjadi gaya hidup yang membuat masyarakat sering mengunjungi kedai kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh motivasi arsitektural, motivasi non-arsitektural, dan kegiatan terhadap keinginan kunjungan kembali ke kedai kopi. Metode yang digunakan adalah mixed-method, pada tahap pertama menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory untuk mengungkap alasan keinginan kunjungan konsumen dan tahap ke-dua menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan principal component analysis (PCA) dan factor analysis (FA). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi konsumen ingin berkunjung kembali ke kedai kopi, yaitu desain ruang, kenyamanan, aksesibilitas dan kualitas produk, ketenangan dan kegiatan bersantai. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi konsumen ingin berkunjung kembali ke kedai kopi berdasarkan hasil analisis regresi multivariat, faktor desain ruang menjadi faktor yang paling mendominasi konsumen ingin berkunjung kembali ke kedai kopi.

Keywords


Kedai kopi, Kegiatan, Keinginan kunjungan kembali, Motivasi arsitektural, Motivasi non-arsitektural

Full Text:

PDF

References


A. C. Mitchell, "Tracing economic sustainability in the global coffee trade: The rhetoric of the international coffee organization," Phd Thesis, 2018.

S. Salengke, A. Hasizah, Reta, and A. Mochtar, "Technology innovation for production of specialty coffee," in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 355, no. 1. IOP Publishing, 2019, p. 012105.

B. R. Saefudin, A. N. Deanier, and E. Rasmikayati, "Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor," Agrovital: Jurnal Ilmu Pertanian, vol. 5, no. 1, pp. 39-46, 2020.

K. Pertanian, "Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 Ribu Ton," Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal-Kemen-terian Pertanian. Jakarta, 2021.

D. A. S. BUDI. I. M. SUDARMA. and I. D. G. AGUNG, "Preferensi Konsumen terhadap Kedai Kopi di Kota Denpasar," Jurnal Agrihisnis dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), pp. 286-293, 2020.

M. Khaliqi and S. Ayu, "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEDAI KOPI DI KOTA MEDAN (Studi Kasus: Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan)," JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS, vol. 3, no. 7, 2015.

M. H. As' ad and J. M. M. Aji, "Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen kedai kopi modern di Bondowoso," Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J-SEP), vol. 13, no. 2, pp. 182-199, 2020.

N. G. Reza and S. R. Rahayu, "Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Brand Attitude Terhadap Loyalitas Konsumen Kopi Cap Kuda Kota Metro (Studi Pada Konsumen Kopi Cap Kuda Di Kota Metro)," Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, vol. 2, no. 2, pp. 497-504. 2022.

V. Pramatatya, M. Najib, and D. R. Nurrochmat, "Pengaruh atmosfer kedai kopi terhadap emosi dan keputusan pembelian ulang," Jurnal Manajemen & Agribisnis, vol. 12, no. 2, pp. 126-126, 2015.

H. J. Soepriyanto, M. Christiana, and A. Harianto, "Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Impresi Konsumen Pada Kedai Kopi Kekinian Di Surabaya," Jurnal Manajemen Perhotelan, vol. 7, no. 1, pp. 42^18, 2021.

S. Syahsudarmi, "Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kopi Bengkalis Di Pekanbaru," Journal Development, vol. 6, no. 1, pp. 47-60, 2018.

Y. A. Putri, "Pengaruh bauran promosi dan gaya hidup terhadap minat beli pada kedai kopi serasi," Jurnal manajemen strategi dan aplikasi bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 137-144, 2019.

A. P. Siddaway, A. M. Wood, and L. V. Hedges, "How to do a systematic review: a best practice guide for conducting and reporting narrative reviews, meta-analyses, and meta-syntheses," Annual review of psychology, vol. 70, pp. 747-770, 2019.

P. Saieg, E. D. Sotelino, D. Nascimento, and R. G. G. Caiado, "Interactions of building information modeling, lean and sustainability on the architectural, engineering and construction industry: a systematic review," Journal of cleaner production, vol. 174, pp. 788-806, 2018.

H. K. Mohajan et al., "Qualitative research methodology in social sciences and related subjects," Journal of economic development, environment and people, vol. 7, no. 1, pp. 23-48, 2018.

N. Y. Hardiyanti and R. Puspa, "Coffee culture di Indonesia: Pola konsumsi konsumen pengunjung kafe, kedai kopi dan warung kopi di Gresik," Jurnal Media Dan Komunikasi, vol. 1, no. 2, pp. 93-106, 2021.

T. S. Igiasi, "Kedai kopi sebagai ruang publik: Studi tentang gaya hidup masyarakat Kota Tanjungpinang," Jurnal Masyarakat Maritim, vol. l,no. 1, pp. 18-20, 2017.

A. Anim and N. L. P. Indiani, "Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Kembali," Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 99-108, 2020.

R. Mudfarikah and R. Dwijayanti, "Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap minat beli ulang," JURNAL MANAJEMEN, vol. 13, no. 4, pp. 654-661, 2022.

A. P. Sudrajat, D. Wiranta, and R. Wulandari, "Store Atmosphere dan Experiential Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Bumi Kopi Sukabumi," Jurnal Ekonomak, vol. 6, no. 3, pp. 105—115,2020.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v5i2.7821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats