Tingkat Pelayanan Terminal Makassar Metro Sebagai Tempat Menunggu: Persepsi Pengguna
Abstract
Salah satu fungsi dari terminal bus antar kota adalah sebagai tempat untuk menunggu. Namun
penumpang tidak menggunakan terminal sebagai fasilitas transit sehingga Seiring waktu terjadi penurunan
kualitas bangunan Terminal Makassar Metro, yang mengurangi kenyamanan penumpang baik ketika menunggu
keberangkatan dari dalam dan luar kota Makaassar,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan
terminal sebagai tempat menunggu. Teknik analisis yang di gunakan adalah Costumer Saticfaction Index serta
Indeks pelayanan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penumpang kurang puas dengan pelayanan
terminal sebagai tempat menunggu. Peningkatan pelayanan dapat dilakukan dengan meningkatkan kelenggkapan
fasilitas, kenyamanan serta keandalan pelayanan.Sedangkan indicator yang perlu ditingkatkan yaitu Aman
saat malam hari, Pelayanan complain, kebersihan Pihak keamanan Informasi papan petrunjuk situasi darurat,
Perlengkapan situasi darurat , Informasi terbaru di monitor, Fasilitas atm.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
G. A. Giannopoulos, “Know-How Transfer and Training Issues for the Transport Research Professional:
A paper for the special issue of the International Journal of Transportation Science and Technology
(IJTST) on:“Education and Training Needs for the Transportation Profession”,” International Journal of
Transportation Science and Technology, vol. 4, no. 2, pp. 159–177, 2015.
D. J. P. Darat, “Perhungan Darat Dalam Angka 2014,” 2015.
H. T. Dimitriou, A Developmental Approach to urban transport planning: an Indonesian illustration.
Routledge, 2021.
A. Ceder, Public transit planning and operation: Modeling, practice and behavior. CRC press, 2016.
M. Pitsiava-Latinopoulou and P. Iordanopoulos, “Intermodal passengers terminals: design standards for better
level of service,” Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 48, pp. 3297–3306, 2012.
K. A. A. G. Saputra, M. T. Y., Pelayanan Terminal Makassar Metro Kota Makassar, 1-12, 2006.
A. Abdullah, “Kinerja operasional terminal makasar metro,” Skripsi, Tesis PascaSarjana Universitas
Hasanuddin, Makassar, 2014.
A. Ridwan et al., “Pengembangan Konektivitas Antar Moda Transportasi Sungai Dan Jalan Untuk
Transportasi Kota MAKASSAR,” Jurnal Transportasi Multimoda, vol. 13, no. 2, pp. 89–96, 2015.
S. Hernandez and A. Monzon, “Key factors for defining an efficient urban transport interchange: Users’
perceptions,” Cities, vol. 50, pp. 158–167, 2016.
J. T. Roscoe, Fundamental research statistics for the behavioral sciences [by] John T. Roscoe, 1975.
R. Wittwer, “Cluster-analytical-creation of a typology of young adults’ travel behavior in Germany,”
Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 160, pp. 64–73, 2014.
R. Likert, “A technique for the measurement of attitudes,” Archives of psychology, 1932.
R. L. Aritonang, “Kepuasan Pelanggan, Pengukuran dan Pengendalian dengan SPPS,” Jakarta: Gramedia
Pustaka, 2005.
P. Hague, Show me:All ThemesAll TypesLoyalty – How To Win Devotion From Your Customers, Dec. 2021.
[Online]. Available: https://www.b2binternational.com/publications/customer-loyalty/
A. Abdullah, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS TERMINAL
MAKASSAR METRO,” Jurnal Linears, vol. 1, no. 2, pp. 78–84, 2018.
Kualitas Pelayanan Terminal Makassar Metro: Persepsi Pengguna. Seminar Nasional, SENTRAL, 2016.
DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v5i1.7098
Copyright (c) 2022 Jurnal Linears
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.