DESAIN PERENCANAAN IPAL (INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH) MENGGUNAKAN PROSES BIOFILTER “UP FLOW” RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNISMUH

Rohana Rohana, Fitrawan Umar, Sitti Zulaeha

Abstract


Dengan adanya peraturan bahwa setiap rumah sakit harus mengolah air limbah sampai standar yang diizinkan, maka rumah sakit Pendidikan Unismuh Makassar mengembangkan desain perencanaan kebutuhan teknologi pengolahan air limbah, yang murah dan hasilnya baik. Saat ini keberadaan IPAL di rumah sakit Unismuh, menggunakan sistem pengolahan limbah secara aerob dan anaerob, sedangkan keberadaan rumah sakit Pendidikan Unismuh yang letaknya berdekatan dengan pemukiman penduduk, tentunya dibutuhkan sistem pengolahan limbah yang baik, murah dan ramah lingkungan dengan menggunakan teknologi pengolahan air limbah, serta tidak mencemari air limbah masyarakat yang ada di sekitar pemukiman. Penelitian ini bertujuan tujuan untuk 1) mendesain tata letak dan perancangan IPAL aerob dan anaerob, ditinjau dari aspek teknis dan analisa aspek ekonomis, 2) mengaplikasikan hasil desain dengan menggunakan proses biofilter Up Flow berdasarkan skala ruang yang tersedia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, Sehingga hasil penelitian yang didapatkan yaitu pengelolaan limbah septic, masih perlu ditambahkan bak saringan biofilter “up flow” agar air buangan limbah yang sudah terfilter dari biofilter, dapat dibuang langsung ke saluran lingkungan tanpa harus merusak atau bahkan mencemari lingkungan penduduk di sekitar rumah sakit. Mengenai desain perencanaan pengelolaan limbah yang menggunakan system biofilter “up flow”, telah direkomendasikan sebuah rancangan layout IPAL untuk diaplikasikan pada pengelolaan limbah septic yang telah mengalami degradasi lingkungan.


Keywords


IPAL, Desain, Up Flow, Unismuh Makassar

Full Text:

PDF

References


Hastuti, Elis, (2014) Kajian Penerapan Teknologi Biofilter skala Komunal untuk memenuhi Standar Perencanaan Pengolahan Air Limbah Domestik. Jurnal Standarisasi, Vol.16 No. 3.

Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan (2012) Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan. Jakarta.

Rachma, Icha (2012) Penggunaan Lumpur Aktif untuk menurunkan kadar Biological Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), dan logam berat jenis timbal (Pb) dan Cadmium (CD) pada limbah cair pencelupan industri batik. ECOTROPHIC 7 (2) : 164-172.

Idaman S, Nusa (2010) Teknologi Biofilter Anaerob-Aerob Tercelup untuk Pengolahan Air Limbah Domestik. Kelompok Teknologi Pengelolaan Air Bersih dan Limbah Cair Direktorat Teknologi Lingkungan, BPPT.

Idaman S, Nusa dkk (1999) Teknologi Pengelolaan Air Bersih dan Limbah Cair.

Buku: Direktorat Teknologi Lingkungan Kedeputian Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta.

Sutrisno H (2001) Metodologi Rasearch, Jilid 1, hal. 66, Andi Offset, Yogyakarta.

Ningrum P, Khalista N (2014) Gambaran Pengelolaan Limbah Cair Rumah Sakit X Kabupaten Jember. Jurnal Ikesma, Vol. 10 No. 2, September 2014.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v3i1.3222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats