Analisa Hemat Energi Terhadap Gedung GPIB Kelapa Gading Melalui Pendekatan OTTV

Mohammad Imran

Abstract


OTTV (Overall Thermal Transfer Value) adalah suatu nilai yang ditetapkan sebagai kriteria perancangan untuk dinding dan kaca bagian luar bangunan Gedung yang dikondisikan meliputi tiga elemen dasar perpindahan panas yang terjadi pada selubung luar bangunan yaitu radiasi matahari melalui kaca, konduksi panas melalui dinding tak tembus cahaya dan konduksi panas melalui kaca. Lokasi penelitian adalah Gedung GPIB Kelapa Gading yang ada di Jalan Janur Asri Jakarta. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa hemat energi pada Bangunan GPIB Kelapa Gading dengan menggunakan pendekatan Nilai Perpindahan thermal menyeluruh atau OTTV untuk setiap bidang dinding luar bangunan dengan orientasi utara, orientasi selatan, orientasi barat dan orientasi timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan GPIB Kelapa Gading memiliki banyak jendela yang besar namun tidak memiliki fenetrasi sinar matahari, keseluruhan selubung bangunan jauh di atas 45 watt/m2. Untuk itu Bangunan GPIB Kelapa Gading perlu dikontrol ulang terhadap desain dan kenyamanan bangunannya.

Keywords


OTTV, Selubung bangunan, Hemat energi, Perpindahan termal, Orientasi

Full Text:

PDF PDF

References


Nasional BS (2000) Konservasi energi selubung bangunan pada bangunan gedung. SNI 03-6389-2000, Jakarta, Indonesia.

Loekita S (2006) Analisis Konservasi Energi Melalui Selubung Bangunan. Civil Engineering Dimension Vol. 8, No. 2: hal. pp. 93-98.

Sujatmiko W (2010) Studi Peluang Penghematan Pemakaian Energi pada Gedung Sekretariat Jenderal Pekerjaan Umum. Jurnal Permukiman Vol. 5, No. 3: hal. 124-131.

Setiani AN, Harani AR, Riskiyanto R (2018) PERHITUNGAN OVERALL THERMAL TRANSFER VALUE (OTTV) PADA SELUBUNG BANGUNAN. Arsir Vol. 1, No. 2: hal. 100-109.

Satwiko P (2008) Fisika Bangunan. Yogyakarta: Andi.

Sangkertadi (2006) Fisika Bangunan untuk Mahasiswa Teknik, Arsitektur dan Praktisi. Bogor: Pustaka Wirausaha Muda.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v2i2.3127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats