Pengembangan Media Pembelajaran AutoCAD Digital untuk Peningkatan Keterampilan Menggambar Teknik Mahasiswa Arsitektur

DOI: https://doi.org/10.26618/ygqm6b02

Authors

  • Usman Fahruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Muhammad Ikhsan Universitas Muslim Indonesia

Abstract

 

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran digital AutoCAD yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan menggambar teknik pada mahasiswa arsitektur. Menggunakan model Four-D (4D)—Define, Design, Develop, dan Disseminate—penelitian ini menyusun proses pengembangan secara sistematis. Media ini diimplementasikan kepada 21 mahasiswa arsitektur di Universitas Muslim Indonesia, dengan menggunakan penilaian pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitasnya. Modul pembelajaran ini mencakup konten interaktif, video tutorial, dan simulasi latihan yang disampaikan melalui aplikasi mobile. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada performa mahasiswa, dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 87,18% yang dikategorikan tinggi. Pengujian kepraktisan juga menunjukkan hasil positif, dengan skor rata-rata kepraktisan sebesar 86,67%. Media ini terbukti efektif dalam mengatasi tantangan pembelajaran mahasiswa, mendukung pembelajaran mandiri, dan meningkatkan penguasaan AutoCAD. Selain itu, penelitian ini menegaskan relevansi penggabungan alat digital dengan strategi pembelajaran berbasis proyek untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang beragam. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur yang berkembang tentang pedagogi digital dalam pendidikan arsitektur serta menawarkan wawasan berharga untuk pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan perangkat lunak desain teknis. 

Kata kunci: AutoCAD, media pembelajaran digital, gambar teknik, pendidikan arsitektur, N-Gain

 

 

ABSTRAK: This study aims to develop and evaluate a digital AutoCAD learning media designed to enhance technical drawing skills among architecture students. Using the Four-D (4D) model—Define, Design, Develop, and Disseminate—the research systematically structured the development process. The media was implemented among 21 architecture students at Universitas Muslim Indonesia, employing pre-test and post-test assessments to evaluate effectiveness. The learning module features interactive content, video tutorials, and practice simulations delivered via a mobile application. Results indicated a significant improvement in students’ performance, with an average N-Gain score of 87.18%, classified as high. Usability testing also showed positive results, with an average practicality score of 86.67%. The media was found to be effective in addressing students’ learning challenges, supporting self-directed learning, and improving AutoCAD proficiency. Moreover, this research affirms the relevance of combining digital tools with project-based learning strategies to meet diverse educational needs. The study contributes to the growing body of literature on digital pedagogy in architectural education and offers valuable insights for curriculum development integrating technical design software.  

Keywords: AutoCAD, digital learning media, technical drawing, architectural education, N-Gain

Downloads

Published

2025-09-30