Teknik Menggambar AutoCad untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Arsitektur

DOI: https://doi.org/10.26618/ygqm6b02

Authors

  • Usman Fahruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Muhammad Ikhsan Universitas Muslim Indonesia

Abstract

 

ABSTRAK. Penguasaan AutoCAD memerlukan pendekatan pembelajaran yang baik dan sumber daya pendidikan yang efektif. Pengajaran AutoCAD tidak hanya sebatas penggunaan perangkat lunak tetapi juga tentang pengembangan keterampilan desain. Ini berarti mengintegrasikan pelajaran AutoCAD dengan prinsip-prinsip desain arsitektur, memastikan bahwa mahasiswa memahami bagaimana perangkat lunak dapat digunakan sebagai alat untuk mewujudkan ide-ide desain yang efektif. Permasalahan pada kebutuhan desain media pembelajaran Autocad dalam teknik menggambar untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa Arsitektur Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran digital AutoCAD dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate, untuk meningkatkan keterampilan menggambar teknik arsitektur pada mahasiswa. Penelitian melibatkan 21 mahasiswa arsitektur yang mengikuti pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas media pembelajaran. Proses pengembangan media meliputi analisis kebutuhan, desain instruksional, digital yang interaktif serta relevan dengan kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai post-test dibandingkan dengan pre-test, menandakan bahwa media pembelajaran digital efektif dalam meningkatkan keterampilan menggambar arsitektur mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini menegaskan potensi besar media pembelajaran digital dalam pendidikan arsitektur dan menyarankan perlunya integrasi lebih lanjut dari kurikulum arsitektur.

Published

2025-08-31