Strategi Optimalisasi Penjadwalan Proyek Jalur Ganda Kereta Api untuk Konstruksi Berkelanjutan dengan Metode Line of Balance
DOI: https://doi.org/10.26618/2551ce98
Project scheduling, Line of Balance, optimization, repetitive construction projects, project efficiency
Abstract
ABSTRAK: Penjadwalan proyek konstruksi repetitif, seperti pembangunan jalur ganda kereta api, memerlukan pendekatan yang efisien dalam pengelolaan sumber daya dan waktu. Metode Line of Balance (LoB) merupakan teknik penjadwalan yang dapat mengoptimalkan pekerjaan berulang dengan menjaga kontinuitas alur kerja. Namun, penerapannya pada proyek infrastruktur skala besar masih menghadapi tantangan, terutama dalam hal alokasi sumber daya yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model optimasi penjadwalan berbasis LoB guna meningkatkan efisiensi pelaksanaan proyek pembangunan jalur ganda kereta api. Metode yang digunakan adalah kuantitatif komparatif, dengan membandingkan durasi proyek antara penjadwalan berbasis kurva-S dan LoB. Data yang dianalisis merupakan data sekunder dari proyek aktual dan diolah menggunakan Microsoft Excel 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode LoB mampu mengurangi durasi proyek secara signifikan sebanyak 19, 75 minggu dibandingkan dengan metode konvensional. Implementasi LoB menghasilkan perencanaan yang lebih terstruktur dengan tumpang tindih pekerjaan yang lebih sesuai, sehingga mampu meminimalkan waktu menganggur (idle time) dan meningkatkan produktivitas proyek secara keseluruhan. Salah satu pola optimasi yang terbukti efektif adalah penjadwalan ulang pekerjaan jembatan, box culvert, dan dinding penahan tanah (DPT) agar dilaksanakan setelah badan jalan terbentuk. Pendekatan ini menghindari konflik akses dan tumpang tindih yang tidak produktif yang umum terjadi saat pekerjaan tersebut dilaksanakan secara paralel. Dengan menyesuaikan urutan pelaksanaan terhadap kondisi lapangan, proyek menjadi lebih tertib dan efisien. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam optimalisasi penjadwalan proyek konstruksi repetitif serta menjadi referensi dalam pengembangan metode penjadwalan untuk proyek infrastruktur skala besar di masa mendatang.
ABSTRACT: Scheduling repetitive construction projects, such as double-track railway development, requires an efficient approach to resource and time management. The Line of Balance (LoB) method is a scheduling technique that optimizes repetitive tasks by ensuring a continuous workflow. However, its application in large-scale infrastructure projects still faces challenges, particularly in optimizing resource allocation. This study aims to develop an LoB-based scheduling optimization model to improve the efficiency of double-track railway construction projects. A comparative quantitative method is used by analyzing project durations based on the S-curve method and the LoB method. The data used are secondary data from an actual project, analyzed using Microsoft Excel 2021. The results indicate that the LoB method significantly reduces project duration compared to conventional methods. Its implementation results in a more structured plan with more efficient task overlaps, thereby minimizing idle time and increasing overall project productivity. One of the effective optimization patterns identified is the rescheduling of bridge, box culvert, and retaining wall (DPT) works to take place after the roadbed construction is completed. This approach avoids access conflicts and unproductive overlaps that commonly occur when these activities are scheduled in parallel. By aligning the work sequence with actual site conditions, the project becomes more orderly and efficient. This research contributes to the optimization of repetitive construction project scheduling and serves as a reference for developing scheduling methods for future large-scale infrastructure projects.
References
A. Altuwaim, E. Alagha, A. Bin Mahmoud, And D. A. Saad, “Adaptive Lob Scheduling For Optimizing Resource Leveling And Consumption,” J. Civ. Eng. Manag., Vol. 30, No. 3, Pp. 220–233, Mar. 2024, Doi: 10.3846/Jcem.2024.20952.
T. Hegazy And K. Mostafa, “Tightly-Packed Repetitive Schedules: A Tetris Challenge,” Iop Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., Vol. 1218, No. 1, P. 012010, Jan. 2022, Doi: 10.1088/1757-899x/1218/1/012010.
A. Efendi, A. Dwiretnani, And A. Setiawan, “Analisa Penjadwalan Proyek Dengan Menggunakan Metode Line Of Balance (Lob) Pada Proyek Pedestrian Jl. Mh. Thamrin-Jl. Halim Perdana Kusuma,” J. Talent. Sipil, Vol. 5, No. 2, P. 346, Aug. 2022, Doi: 10.33087/Talentasipil.V5i2.137.
R. Sinaga, P. Simanjuntak, And Setiyadi, “Analisis Dan Penerapan Metode Line Of Balance Pada Proyek Repetitif,” J. Rekayasa Tek. Sipil Dan Lingkung. - Centech, Vol. 2, No. 2, Pp. 82–89, Nov. 2021, Doi: 10.33541/Cen.V2i2.3466.
M. A. Aulia, A. H. Farisi, M. A. Wibowo, And A. Hidayat, “Balance Pada Proyek Konstruksi Repetitif ( Studi Kasus : Proyek Pembangunan Apartemen,” J. Karya Tek. Sipil, Vol. 6, No. 1, Pp. 211–219, 2017.
W. Sudarson, “Evaluasi Penjadwalan Proyek Dengan Metode Line Of Balance (Studi Kasus : Hotel Santika Batam),” J. Civ. Eng. Plan., Vol. 1, No. 2, P. 85, Dec. 2020, Doi: 10.37253/Jcep.V1i2.715.
C. W. Ningrum And M. Beatrix, “Mempercepat Waktu Pelaksanaan Proyek Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Antara Mojokerto-Sepanjang Melalui Penjadwalan Line Of Balance,” J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, Vol. 5, No. 2, Pp. 277–289, Jan. 2023, Doi: 10.30737/Jurmateks.V5i2.4020.
L. Zhou, X. Guo, And H. Wang, “Optimization Study On Carbon Trading And Constructive Repetitive Project Scheduling In The Context Of Internet Era,” Appl. Math. Nonlinear Sci., Vol. 9, No. 1, Jan. 2024, Doi: 10.2478/Amns.2023.2.00679.
M. Tomczak And P. Jaśkowski, “Scheduling Repetitive Construction Projects: Structured Literature Review,” J. Civ. Eng. Manag., Vol. 28, No. 6, Pp. 422–442, May 2022, Doi: 10.3846/Jcem.2022.16943.
J. Wei, “Dynamic Optimization Of Scheduling For Tunnel Construction Projects,” In 4th International Conference On Internet Of Things And Smart City (Iotsc 2024), 2024, Vol. 13224, Pp. 332–337.
B. R. . Bhushan R.S And P. V. S. Raghavan, “Line Of Balance- A Contractor Friendly Scheduling Technique,” Indian J. Appl. Res., Vol. 3, No. 6, Pp. 162–163, Oct. 2011, Doi: 10.15373/2249555x/June2013/55.
K. Hyari And K. El-Rayes, “Optimal Planning And Scheduling For Repetitive Construction Projects,” J. Manag. Eng., Vol. 22, No. 1, Pp. 11–19, Jan. 2006, Doi: 10.1061/(Asce)0742-597x(2006)22:1(11).
L. H. Zhang, “Repetitive Project Scheduling: Theory And Methods,” Repetitive Proj. Sched. Theory Methods, Pp. 1–106, 2015.
J. Hinze, Construction Planning And Scheduling. Pearson Education, 2012.
U. Y. Sundari Et Al., Metodologi Penelitian. Cv. Gita Lentera, 2024.
A. P. A. Putra And G. Sarya, “Analisis Penjadwalan Dan Alokasi Biaya Menggunakan Metode Line Of Balance Pada Proyek Jalan Dan Jembatan Frontage Road Waru-Buduran,” J. Kacapuri J. Keilmuan Tek. Sipil, Vol. 5, No. 1, P. 390, Jun. 2022, Doi: 10.31602/Jk.V5i1.7568.
M. A. Ammar, “Optimization Of Line Of Balance Scheduling Considering Work Interruption,” Int. J. Constr. Manag., Vol. 22, No. 2, Pp. 305–316, Jan. 2022, Doi: 10.1080/15623599.2019.1624003.
E. Kamitono, V. W. P. Chandra, And R. S. Alifen, “Perencanaan Jadwal Pada Proyek Perumahan Dengan Metode Line Of Balance,” J. Dimens. Pratama Tek., Vol. Vol 9 No 2, Pp. 86–93, 2020, [Online]. Available: Http://Publication.Petra.Ac.Id/Index.Php/Teknik-Sipil/Article/View/10665.
L. Lukman, “Studi Eksplorasi Metode Penjadwalan Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo Ruas Ruas Ungaran–Bawen Paket V),” J. Proy. Tek. Sipil, Vol. 2, No. 1, Pp. 1–3, 2019.
M. J. Fuad, “Penjadwalan Dan Alokasi Material Dengan Metode Line Of Balance (Lob) Pada Proyek Pelebaran Jalan Ap. Pettarani Utara Makassar,” Vol, Vol. 7, Pp. 153–161, 2019.
Y. Simamora And W. Nuswantoro, “Studi Penjadwalan Waktu Dengan Metode Line Of Balance (Lob) Untuk Membangun Perumahan Pasca Bencana Tsunami Di Nad (Studi Kasus Pembangunan Perumahan Di Calang),” J. Manaj. Rekayasa Konstr, Vol. 9, No. 1, Pp. 1–9, 2018.
A. David, T. O. B., And S. Kangsuk, “Challenges In Line-Of-Balance Scheduling,” J. Constr. Eng. Manag., Vol. 128, No. 6, Pp. 545–556, Dec. 2002, Doi: 10.1061/(Asce)0733-9364(2002)128:6(545).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Linears

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.