Analisis Daya Saing Pariwisata Kabupaten Cilacap Menggunakan Metode Competitiveness Monitor

Laode Muhammad Asfan Mujahid

Abstract


Sebagai kabupaten yang terluas di Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap memberikan peluang potensi pariwisata yang besar untuk dikembangkan, tetapi Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten yang memiliki industri pariwisata yang saat ini bukan sebagai leading sektor dalam penerimaan daerahnya tetapi dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan memiliki peluang untuk bersaing dalam skala nasional.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kepariwisataan Kabupaten Cilacap yang ditinjau dari kondisi internal dan kondisi eksternal serta untuk mengetahui daya saing Pariwisata Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dianalisis dengan tiga metode, yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis Competitiveness Monitor dengan delapan indikator, dan analisis spasial yang digunakan untuk analisis tumpang tindih (overlay) dengan menggunakan fitur identity dan union. Hasil penelitian ini menunjukkan, Kabupaten Cilacap didominasi oleh dataran lereng landai sebesar 58,76% dari keseluruhan luas wilayah. Jenis ODTW alam banyak dijumpai di Kabupaten Cilacap, hal ini dikarenakan kondisi geografisnya yang merupakan wilayah pesisir. Kondisi pariwisata Kabupaten Cilacap juga dipengaruhi oleh geografis, topografis, kemajuan teknologi, sosial budaya, kondisi perekonomian, serta kebijakan pariwisata yang berlaku. Untuk daya saing pariwisata Kabupaten Cilacap, dua dari delapan indikator masuk dalam tahap penyempurnaan yaitu IDI dengan nilai 2,20 dan TAI dengan nilai 2,09, ada empat dari delapan indikator dengan tahap berkembang yaitu HTI dengan nilai 1,79, EI dengan nilai 1,90, HRI dengan nilai 1,43, dan SDI dengan nilai 1,35, serta dua dari delapan indikator dengan tahap belum berkembang yaitu PCI dengan nilai 0,70 dan OI dengan nilai 0,70 yang dikarenakan sedikitnya wisatawan asing yang berkunjung di Kabupaten Cilacap.

Keywords


Competitiveness Monitor, Kabupaten Cilacap, Ekonomi, Daya Saing

Full Text:

PDF 117-126

References


R. Primadi, M. Simanjuntak, and I. Muflikhati, "Faktor penentu kepuasan dan minat kunjung ulang ekowisata," Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), vol. 7, no. 1, pp. 110-110, 2021.

A. Jamira and A. Yandi, "Peran Customer Value dalam Memediasi Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Kota Jambi," J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), vol. 4, no. 2, pp. 392-402, 2019.

A. Rachman and M. A. Setyawan, "Potensi Pariwisata Religi di Kabupaten Banyuwangi," Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, vol. 9, no. 2, pp. 203-214, 2019.

H. Aliansyah and W. Hermawan, "The Role of the Tourism Sector in Growth Regency/City Economy in West Java," Journal of Economic Development, vol. 23, no. 1, pp. 39-55, 2019.

A. F. Bahari and M. Ashoer, "Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen ekowisata," Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, vol. 5, no. 1, pp. 68-78, 2018.

S. Hermawati and Y. Milawaty, "Potensi Industri Pariwisata Kabupaten Banyumas," Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 21, no. 3, 2017.

Y. Mulyati and M. Afrinata, "Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik)," Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 191-200, 2018.

D. Kusumawardhani, D. Rostyaningsih, and A. Rengga, "Implementasi Kebijakan Promosi Potensi Wisata (Pantai Widuri) Kabupaten Pemalang," Journal of Public Policy and Management Review, vol. 5, no. 2, pp. 491-501, 2016.

J. Barata, M. F. Fadli, and S. Steven, "PENGARUH PERCEIEVED VALUE, CITRA DESTINASI, DAN MOTIVASI PENGUNJUNG TERHADAP REVISIT INTENTION PENGUNJUNG WISATA PULAU LEMUKUTAN DI KABUPATEN BENGKAYANG," Jurnal Ekonomi Integra, vol. 12, no. 2, pp. 239-244, 2022.

R. Basiya and H. A. Rozak, "Kualitas dayatarik wisata, kepuasan dan niat kunjungan kembali wisatawan mancanegara di jawa tengah," Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, vol. 11, no. 2, 2012.

D. Setiawan and Z. Irawati, "Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan," Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, pp. 657-663, 2023.

R. E. Putra, A. Busari, and A. Kustiawan, "Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara," Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), vol. 4, no. 2, 2019.

Z. Wardah, T. Topowijono, and M. G. W. E. NP, "Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Taman Safari II Prigen Pasuruan)," Brawijaya University, 2016.

D. Agusra, E. O. Lussianda, and Y. Afriyeni, "Strategi promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada agrowisata tenayan raya pekanbaru provinsi riau," AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, vol. 16, no. 1, pp. 54-61, 2019.

M. Almansur, "PENGARUH TOURIST ATTRACTION DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN TOURIST SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Objek Wisata Pantai Mliwis Ambal)," Universitas Putra Bangsa, 2024.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v7i2.15607

Copyright (c) 2024 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats