Identifikasi Emosi dan Minat Perilaku Pengguna Terhadap Suasana Ruang Rekonstruksi 3D dengan Eksperimen Virtual Reality

Muh. Afif Novaldy Hattah, Slamet Riyadi

Abstract


Persaingan antar hotel dan alasan meningkatkan persaingan pasar global menyebabkan manajer perhotelan menaruh fokus untuk menyentuh emosi dan intensi perilaku tamu. Guestroom hotel adalah area di mana para tamu umumnya menghabiskan sebagian besar masa tinggal mereka sehingga dekorasi dan desainnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap emosi dan kenyamanan tamu selama menginap. Hubungan manusia dengan ruang tercapai dengan baik jika suasana ruang yang dihadirkan memberi pengalaman ruang yang memenuhi harapan atau motivasi penggunanya. Penggunaan virtual reality (VR) yang imersif untuk menguji pengalaman spasial, memberikan dasar untuk penelitian masa depan karena dapat diedit untuk memanipulasi rangsangan. Eksperimen penelitian dilakukan kepada 20 responden menggunakan media VR dan wawancara semi terstruktur terhadap suasana ruang rekonstruksi 3D guestroom salah satu hotel Kota Jakarta yang dipilih berdasarkan hasil survei kuesioner yang telah dilakukan sebelumnya dan perbandingan rating melalui situs traveling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi dan minat perilaku pengguna terhadap suasana ruang Guestroom Hotel Mercure Gatot Subroto menunjukan kecenderungan emosi positif (2,33) dan minat perilaku pendekatan (2,85). Suasana ruang guestroom hotel berpengaruh signifikan pada emosi dan minat perilaku pengguna. Pengguna hotel cenderung memiliki preferensi beragam pada guestroom hotel, tetapi umumnya pengguna dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada selama gangguan yang hadir tidak berdampak signifikan pada tingkat kenyaman pengguna. Selain itu, VR sebagai media interaksi responden dianggap efektif dan menguntungkan (2,73) tetapi terdapat beberapa gangguan yang harus dapat diminimalisir karena dapat mempengaruhi citra objek yang dipresentasikan. Pengaplikasian berbagai fitur interaksi dan skenario penelitan meningkatkan kualitas pengalaman virtual pengguna.

Keywords


Emosi Pengguna, Minat Pengguna, Guestroom Hotel, Suasana Ruang, Virtual Reality

Full Text:

PDF

References


I. Akmal, Archinesia 02: The Architecture of southeast Asia: HOTEL DESIGN. IMAJIbooks, 2012.

K. Hung, C. Goh, H. Q. Zhang, C. Tang, and C. Lam, "Exploring Buddhist Travelers' Expectations Toward Buddhist-Themed Hotels," Journal of China Tourism Research, vol. 9, no. 2, pp. 191-206, 2013.

R. Mazumder, H. J. Spiers, and C. G. Ellard, "Exposure to high-rise buildings negatively influences affect: evidence from real world and 360-degree video," Cities & health, vol. 6, no. 6, pp. 1081-1093, 2022.

M. Pytharoulakis and G. Zouni, "Lobbyscape: A framework about the effect of hotel lobbies’ atmospheric elements on customer satisfaction," Research in Hospitality Management, vol. 10, no. 2, pp. 107-115, 2020.

S. Yar Bilal, R. Aslanoğlu, and N. Olguntürk, "Colour, emotion, and behavioral intentions in city hotel guestrooms," Color Research & Application, vol. 47, no. 3, pp. 771-782, 2022.

J. Baek and C. M. Ok, "The power of design: How does design affect consumers’ online hotel booking?," International Journal of Hospitality Management, vol. 65, pp. 1-10, 2017.

A. Mehrabian and J. A. Russell, An approach to environmental psychology. the MIT Press, 1974.

Y. Liu and S. S. Jang, "The effects of dining atmospherics: An extended Mehrabian–Russell model," International journal of hospitality management, vol. 28, no. 4, pp. 494-503, 2009.

A. Ogle, "Making sense of the hotel guestroom," Journal of Retail & Leisure Property, vol. 8, pp. 159-172, 2009.

T. Hidjaz, "Terbentuknya Citra Dalam Konteks Suasana Ruang," Dimensi Interior, vol. 2, no. 1, pp. 51-65, 2004.

M. J. S. BITNER, "the Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees in Journal of Marketing, vol. 56," ed: April, 1992.

H. Choi and J. Kandampully, "The effect of atmosphere on customer engagement in upscale hotels: An application of SOR paradigm," International Journal of Hospitality Management, vol. 77, pp. 40-50, 2019.

M. Heide and K. GrØnhaug, "Atmosphere: Conceptual issues and implications for hospitality management," Scandinavian Journal of hospitality and Tourism, vol. 6, no. 4, pp. 271-286, 2006.

K. Mahendra, "Pengaruh Desain Interior Terhadap ketertarikan pemakai dalam memilih budget hotel di surabaya," Tesis. Tidak di terbitkan. Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut …, 2016.

M. Banaei, A. Ahmadi, K. Gramann, and J. Hatami, "Emotional evaluation of architectural interior forms based on personality differences using virtual reality," Frontiers of Architectural Research, vol. 9, no. 1, pp. 138-147, 2020.

L. Lucyani, "Analisis Faktor Preferensi Milenial Bekerja Terhadap Pemilihan Hotel," Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), vol. 7, no. 4, pp. 7133-7143, 2024.

D. Gumulya and P. Nastasia, "Kajian teori emotional design," Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, vol. 12, no. 2, pp. 121-146, 2015.

A. L. Parsons, "Emotional design: Why we love (or hate) everyday things," Journal of Consumer Marketing, vol. 23, no. 2, pp. 115-116, 2006.

A. Sankar, "Design Architecture in Virtual Reality," University of Waterloo, 2019.

Gediminas Kirdeikis, “VR with Unreal Engine2023 Full Intermediate Course,” youtube.com/gediminaskirdeikis, Acces 26 Desember 2023.

Memento, “Interactive Architectural Visualization in Unreal Engine 5," youtube.com/memento, Acces 26 Desember 2023.

Thalamus VR, "Oculus Rift S - VR Archviz Interactive Flat (Made with UE4)," youtube.com/thalamusvr, Acces 26 Desember 2023.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v7i1.13692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats