Gradasi Inovasi pada Karya Arsitektur yang Holistik

Robert Rianto Widjaja

Abstract


Secara umum, wacana inovasi lebih banyak diteliti dan dibahas pada bidang teknologi terapan dan juga bidang-bidang yang sangat bergantung pada perubahan global dan keberlanjutan, seperti dunia industri, desain produk dengan strategi-strategi untuk bertahan. Penelitian tentang inovasi dalam dunia arsitektur, belum banyak dibahas, sekalipun label inovatif dapat disandingkan dengan sejumlah karya arsitektur. Arsitektur pada hakikatnya adalah wadah bagi kegiatan manusia, dan dalam konteks mewadahi kebutuhan manusia inilah muncul karya arsitektur dengan kualitas yang beragam, dengan pendekatannya masing-masing. Inovasi dalam arsitektur bertumbuh dalam kondisi semacam ini, berlomba untuk semakin berkualitas dalam mewadahi aktifitas manusia. Hal ini memunculkan dugaan bahwa  ada pemahaman spesifik mengenai inovasi dalam dunia arsitektur yang berbeda dengan pemahaman inovasi dalam pengertian umum. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana mengidentifikasi  bahwa sebuah karya arsitektur itu berinovasi atau tidak, dan bagaimana tolok ukurnya? Tanpa tolok ukur yang jelas, pemahaman inovasi dalam arsitektur akan bias dan menimbulkan pemahaman yang berbeda-beda tentang karya arsitektur inovatif.  Makalah ini mencoba menelusuri secara mendalam tentang nilai inovafif dalam karya arsitektur, melalui metode studi kasus terhadap beberapa karya arsitektur yang diyakini memiliki inovasi tinggi, kemudian melakukan analisis secara terstruktur terhadap unsur-unsur inovatif yang terdapat dalam karya-karya tersebut. Penelitian ini mampu menunjukkan bahwa inovasi dalam arsitektur adalah bersifat gradatif, holistik dan memiliki keterikatan terhadap konteks permasalahan dan bersifat terbuka (open ended).


Keywords


gradatif, holistik, inovasi, konteks, kualitas, terbuka, tolok ukur

Full Text:

PDF

References


Peursen, Cornelis Anthony Van. 1988. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: PT Kanisius.

Rizzuto, Anthony P. 2010. Tectonic Memoirs: The Epistemological Parameters Of Tectonic Theories Of Architecture. Georgia: Georgia Institute of Technology.

Antoniades, Anthony C. 1991. Poetic of Architecture. New York: Van Nostrand Reinhold.

Maulden, Robert. 1986. Tectonics in Architecture, from Physical to Meta-physical. Massachusetts: Massachusetts Institute of Technology.

Bachelard, Gaston. 1994. The Poetics of Space. Boston: Beacon Press.

Frampton, Kenneth. 1995. Studies in Tectonic Culture. Massachusetts: Massachusetts Institute of Technology.

Schwarzer, Mitchell. 2016. “German Tectonics.” Dalam The Companion to the History of Architecture, Volume III, Renaissance and Baroque Architecture, oleh Martin and Contandriopoulos, Christina Bressani, 190-202. John Wiley & Sons, Inc.

Mangunwijaya, JB. 1991. Wastu Citra. Jakarta: Gramedia.

G. M. de Castroet.all. 2010. “Technological Innovation.” R&D Management 46-47.

Rebecca M. Henderson, Kim B. Clark. 1990. “Architectural Innovation: The Reconfiguration of Existing Product Technologies and the Failure of Established Firms.” Administrative Science Quarterly 9-30.

Sachari, Agus. 2002. Estetika; Makna, Simbol dan daya. Bandung: Penerbit ITB.

Kruft, Hanno Walter. 1994. A History of Architectural Theory, from Vitruvius to the Present. New York: Princeton Architectural Press.

Vitruvius. t.thn. Ten books on Architecture.

Yin, Robert K,. 1996. Studi kasus: desain dan Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Groat, Linda & David Wang. 2013. Architectural Research Methods. New Jersey: John Wiley & Sons Ltd.

Barbu, Maria. 2018. Poetica Architecturii. Bucharest: Editura ARCHIBOOK.

Frascari, M. 1983. “The Tell-the-Tale Detail.” Dalam Semiotics 1981, oleh Lenhart M.D. (eds) Deely J.N., 498-514. Boston, MA.: Springer https://doi.org/10.1007/978-1-4615-9328-7_32.

Gadamer, Has Georg. 1975. Truth and Method. London - New York: Continuum.

Sutrisno, FX. Mudji dan Verhaak, Christ. 1993. Estetika, Filsafat Keindahan. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v6i1.10739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats