Fasad Bangunan Asrama Haji Makassar Ditinjau dari Ragam Gaya Arsitektur Islam

Mardianah Marzuki, Mohammad Mochsen Sir, Ria Wikantari

Abstract


Fasad merupakan elemen pertama pada bangunan yang dapat kita lihat secara visual dan juga merupakan elemen estetik dari sebuah bangunan dan sekaligus sebagai identitas karya arsitektur dari sebuah bangunan. Kompleks Bangunan yang bergaya arsitektur Islam akan tetapi memiliki fasad yang berbeda pada tiap bangunan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan persamaan fasad pada tiap bangunan wisma. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi naturalistis. Observasi penelitian kualitatif adalah pengamatan langsung terhadap objek untuk mengetahui keberadaan objek, situasi, konteks dan maknanya dalam upaya mengumpulkan data penelitian. Secara spesifik metode pengamatan (observasi) merupakan sebuah teknik pengumpulan data ruang, tempat, pelaku, kegiatan dan foto-foto serta dokumen dokumen gambar arsip dari Asrama Haji Makassar. Hasil penelitian adalah dari segi geometrik keseluruhan denah mayoritas kotak memanjang horizontal tidak ada yang vertikal terdapat juga ada yang kotak pendek kecil sesuai dengan ukuran lahan, depan gerbang besar dengan teras yang menyesuaikan tinggi bangunan kanan kiri sehingga para jamaah banyak yang bisa berkunjung. Dari penggunaan warna mayoritas krem muda, krem tua, coklat kuning muda dan putih, dalam kolom dengan 2 tipe besar dibagian teras dan kecil di bagian dinding bangunan, pintu kaca yang berlapiskan ketebalan 8 mil corak gelap, jendela memanjang dan ada pendek, terdapat ornamen bintang berlubang. Wisma tersebut dengan keseluruhan rata-rata diatas ukuran 13.257 meter memanjang kiri kanan dimensi dimensinya seperti kolom 1 ukuran 50 mil, dan yang kecil kolom ukuran 25 mil.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah  bangunan wisma di Asrama Haji Sudiang memiliki bentuk fasad yang berbeda-beda, dari segi lengkungan, kolom bangunan, warna bangunan dan ornamen pada  bangunan dan memiliki gaya arsitektur Islam dari  timur tengah.

Keywords


Estetika fasad, Ragam gaya, Arsitektur Islami, Bangunan wisma, Asrama haji

Full Text:

PDF

References


Addi M Idhom. 2022. Sosial budaya, Kementrian Agama. DKI Jakarta: tirto.id

Fikriarini Aulia, 2010. Arsitektur Islam : Seni Ruang dalam Peradaban Islam. el-Harakah. Vol.12 No.3.

Fikriarini, Aulia & Eka Putrie, Yulia. 2006. Membaca Konsep Arsitektur Vitruvius dalam Al Qur’an. Malang: UIN Malang Press.

Utaberta, Nangkula. 2006. Rekonstruksi pemikiran, Filosofi Dan perancangan Arsitektur Islam Berbasiskan Al-Quran Dan Sunnah.

Sativa, S. (2011). Arsitektur Islam atau Arsitektur Islami?. NALARs, 10(1).

Saoud, R. (2002). An Introduction to Islamic Architecture (1st ed.). FSTC Limited.

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada,2003),hlm. 36.

Abu Hafsin, Ph.D. 2002. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam Khilafah. Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

M.. Suparno Sastra. 2013, Inspirasi Fasade Rumah Tinggal. Jurnal Karakteristik Fasade Bangunan Factory, Yogyakarta.

Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Bandung: Alfabeta.

Mats A. Bergman, Niklas Rudholm, David Granlund, (2016). Reforming the Swedish pharmaceuticals market: consequences for costs per defined daily dose. Int J Health Econ Manag 16:201-14.

Liberto, D. (2013). Investing in large-caps the big league. Money Management. The Financial Times Limited

Nasrollahi Ali Mohammad, Krish Pamela, Noor Mohd Noorizah. (2015). Process of Implementing Critical Reading Strategies in an Iranian EFL Classroom: An Action Research. International Education Studies.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Omar Roshartini, Alam Shah, Takim Roshana. 2008. International Technology Transfer (ITT) Projects and Development of Technological Capabilities in Malaysian Construction Industry: A Conceptual Framework. CCSE Asian Social Science. Vol 4, No.8




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v6i1.10583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats