PENDAYAGUNAAN ZIS PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN ENREKANG DI KECAMATAN ENREKANG DI ERA PANDEMI COVID-19

Najamudin Najamudin, Muh Ali Bakri, Zainal Abidin

Abstract


Penelitian ini adalah tentang pendayagunaan ZIS pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang di Kecamatan Enrekang di era pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program, bentuk, dan strategi pendayagunaan ZIS pada BAZNAS di era pandemi COVID-19.

Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di kantor BAZNAS Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Adapun populasinya adalah karyawan/pegawai BAZNAS Kabupaten Enrekang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang mana populasinya adalah karyawan/pegawai BAZNAS Kabupaten Enrekang. Alat penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data adalah panduan wawancara bebas terpimpin dengan metode wawancara (interview) serta dokumentasi untuk memperoleh data terkait penelitian. Sedangkan, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, pengkajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penemuan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan program BAZNAS Kabupaten Enrekang di era pandemi COVID-19 tetap berjalan meskipun tidak selancar dan sebaik sebelum adanya pandemi dan bentuk pendayagunaan dana ZIS pada BAZNAS Kabupaten Enrekang di Kecamatan Enrekang di era pandemi COVID-19 yaitu berupa bantuan modal usaha kepada para mustahiq yang memiliki skill (ketrampilan) yang mereka tekuni pada bidangnya masing-masing. Adapun strategi BAZNAS Kabupaten Enrekang dalam mendayagunakan dana ZIS di Kecamatan Enrekang di era pandemi COVID-19 yaitu dengan merancang perencanaan, assessment lapangan terkait kesiapan mustahiq dan tempat, memberikan modal usaha atau menciptakan lapangan kerja dengan memberdayakan skill (ketrampilan) mustahiq, dan kontrol atau mengevaluasi kembali hasil usahanya.


Keywords


Pendayagunaan; Zakat; Infak; Sedekah; Pandemi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.