PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V

Muhammad Mirza Fatahullah, Anastasia Restu Pratiwi, Muhammad Rapi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V di SD Inpres Taeng Taeng Kab. Gowa. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen, dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas Va dan Vb dengan jumlah peserta didik 50 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling sehingga terpilihlah kelas Va dengan jumlah 20 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb dengan jumlah 20 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Data yang diperoleh dideskripsikan dan dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statisktik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran berbasis lingkungan memperoleh nilai rata rata sebesar 45. Dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis lingkungan memperoleh nilai rata rata sebesar 80. Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan maka terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD Inpres teang-taeng Kab. Gowa. Maka diperoleh hasil uji hipotesis nilai Sig. (2- tailed) < a atau 0,00 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi penelitian berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.9017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.