MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER

Fajri Basam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memotret hasil dan motivasi belajar IPA siswa dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT paling banyak berada pada kategori cukup yaitu sebanyak 8 siswa atau sebesar 38,1% dan motivasi belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model NHT termasuk dalam kategori tinggi yakni 11 orang siswa atau sebesar 52,4%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan model NHT belum mampu mencapai ketuntasan klasikal sedangkan motivasi belajar tergolong tinggi yaitu 15 orang dari 21 (71,4%) memperoleh skor di atas 68.


Full Text:

PDF

References


Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi

dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur,

No. 3.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2012.

Direktoral Jenderal Manajemen

Pendidikan Dasar dan Menengah.

Direktorat Pembinaan Sekolah.

Hala, Y., Saenab, S. & Kasim, S. 2015.

Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Biologi Berbasis

Pendekatan Saintifik pada Konsep

Ekosistem bagi Siswa Sekolah

Menengah Pertama. Journal of EST, 1

(3), 85-96.

Hamdu, G., & Agustina, L. 2011. Pengaruh

Motivasi Belajar Siswa terhadap

Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar

(Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan

Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal

Pendidikan Indonesia, 12 (1).

Handayani, F. 2010. Pembelajaran Kooperatif

Tipe Team Games Tournament (TGT)

untuk Meningkatkan Hasil belajar

Siswa Kelas VII SMP Negeri 1

Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada

Materi Keragaman Bentuk Muka

Bumi. Jurnal Penelitian

Kependidikan, 20 (2), 167-176.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif.

Surabaya: Unesa University Press.

Komsatun, S., Riyadi & Sujadi, I. 2013.

Eksperimentasi Model Pembelajaran

Teams Games Tournament dan

Numbered Heads Together dengan

Pendekatan Matematika Realistic pada

Materi Luas Permukaan Bangun

Ruang Ditinjau dari Keaktifan Belajar.

Jurnal Elektronik Pembelajaran

Matematika, 1 (7), 682-689.

Kusuma, E., Wijayati, N. & Wibowo, L. S.

Pembelajaran Kooperatif Tipe

NHT Berbasis SAVI untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Kimia

Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal

inovasi pendidikan kimia, 2 (1), 216-

Kusumawardani, A., Utami, B. & Sukardjo, J.

S. 2015. Penerapan Metode Nambered

Heads Together (NHT) dilengkapi

Lingkaran Buffer untuk Meningkatkan

Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa

pada Materi Larutan Penyangga Kelas

XI IPA 4 SMAN 2 Karanganyar

Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal

Pendidikan Kimia (JPK), 4 (4), 207-

Lie, A. 2008. Cooperative Learning:

Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang -Ruang Kelas. Jakarta:

Slavin, R. E. 2008. Educational Psychology:

Theory and Practise. Boston: Alyn

and Bacon.

Sudijono, A. 2010. Statistik Pendidikan.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Kuantitatif, kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Taiyeb, M., & Mukhlisa, N. 2015. Hubungan

Gaya Belajar dan Motivasi Belajar

dengan Hasil Belajar Biologi Siswa

Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete

Rilau. Jurnal Bionature, 16, (1), 8-16.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.8472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.