MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memotret hasil dan motivasi belajar IPA siswa dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT paling banyak berada pada kategori cukup yaitu sebanyak 8 siswa atau sebesar 38,1% dan motivasi belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model NHT termasuk dalam kategori tinggi yakni 11 orang siswa atau sebesar 52,4%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan model NHT belum mampu mencapai ketuntasan klasikal sedangkan motivasi belajar tergolong tinggi yaitu 15 orang dari 21 (71,4%) memperoleh skor di atas 68.
Full Text:
PDFReferences
Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi
dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur,
No. 3.
Depertemen Pendidikan Nasional. 2012.
Direktoral Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan Sekolah.
Hala, Y., Saenab, S. & Kasim, S. 2015.
Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Biologi Berbasis
Pendekatan Saintifik pada Konsep
Ekosistem bagi Siswa Sekolah
Menengah Pertama. Journal of EST, 1
(3), 85-96.
Hamdu, G., & Agustina, L. 2011. Pengaruh
Motivasi Belajar Siswa terhadap
Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar
(Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan
Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal
Pendidikan Indonesia, 12 (1).
Handayani, F. 2010. Pembelajaran Kooperatif
Tipe Team Games Tournament (TGT)
untuk Meningkatkan Hasil belajar
Siswa Kelas VII SMP Negeri 1
Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada
Materi Keragaman Bentuk Muka
Bumi. Jurnal Penelitian
Kependidikan, 20 (2), 167-176.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif.
Surabaya: Unesa University Press.
Komsatun, S., Riyadi & Sujadi, I. 2013.
Eksperimentasi Model Pembelajaran
Teams Games Tournament dan
Numbered Heads Together dengan
Pendekatan Matematika Realistic pada
Materi Luas Permukaan Bangun
Ruang Ditinjau dari Keaktifan Belajar.
Jurnal Elektronik Pembelajaran
Matematika, 1 (7), 682-689.
Kusuma, E., Wijayati, N. & Wibowo, L. S.
Pembelajaran Kooperatif Tipe
NHT Berbasis SAVI untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Kimia
Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal
inovasi pendidikan kimia, 2 (1), 216-
Kusumawardani, A., Utami, B. & Sukardjo, J.
S. 2015. Penerapan Metode Nambered
Heads Together (NHT) dilengkapi
Lingkaran Buffer untuk Meningkatkan
Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa
pada Materi Larutan Penyangga Kelas
XI IPA 4 SMAN 2 Karanganyar
Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal
Pendidikan Kimia (JPK), 4 (4), 207-
Lie, A. 2008. Cooperative Learning:
Mempraktikkan Cooperative Learning
di Ruang -Ruang Kelas. Jakarta:
Slavin, R. E. 2008. Educational Psychology:
Theory and Practise. Boston: Alyn
and Bacon.
Sudijono, A. 2010. Statistik Pendidikan.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, kualitatif, dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Taiyeb, M., & Mukhlisa, N. 2015. Hubungan
Gaya Belajar dan Motivasi Belajar
dengan Hasil Belajar Biologi Siswa
Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete
Rilau. Jurnal Bionature, 16, (1), 8-16.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.8472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.