PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE MATERI GAYA DAN GERAK MATA PELAJARAN IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tahapan pengembangan, kelayakan, efektivitas dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis videoscribe materi gaya dan gerak mata pelajaran IPA kelas IV SDN Gelam 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian yang diperoleh untuk tahap pengembangan bahan ajar berbasis videoscribe memperoleh nilai rata-rata 86,8 termasuk ke dalam kategori baik. Adapun nilai kelayakan media 87% termasuk ke dalam kategori sangat layak, kelayakan isi materi 85% termasuk ke dalam kategori sangat layak dan kelayakan penyajian 87% termasuk ke dalam kategori sangat layak. Adapun uji efektivitas melalui pretest dan posstest dengan nilai N-Gain 0,85 dan pada N-Gain Score 85% termasuk kedalam kategori Tinggi. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis videoscribe mata pelajaran IPA materi gaya memperoleh nilai 87% termasuk ke dalam kategori baik. Dengan demikian bahan ajar berbasis videoscribe mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak kelas IV dinyatakan sangat layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anis . (2018) . Pengembangan Media Ajar Whiteboard Animation berbasis sparkol Videocribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Rangka Manusia Siswa Kelas IV SDIT Krapyak Kulon Sewon Bantul. Jurnal UNWAHAS.
Asmarayasa, K. Y. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Gugus I Kecamatan Kubutambahan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
E. Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (pertama).
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Lakeisha
Pamungkas, A., Ihsanudin., Novaliyosi., & Yandari, I. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2),127-135.
Rahmani, R., Mustadi, A., Maulidar, M., & Senen, A. (2021). The Development of Teaching Materials Based on Context and Creativity to Increase Students Scientific Literacy. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(2), 345. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.506
Sholeh, M. E. S. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Singgih, A., S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Videoscribe Materi Program Linier Untuk Siswa SMA Kelas IX. Jurnal UIN Raden Intan Lampung
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA).
Widiastuti A, T. T., Faiqoh, A., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2021). Development of sparkol videoscribe on mathematical representation. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(3), 032021. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/3/032021
Wulandari, D, A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Cahaya Kelas VIII Di Smp Negeri 01 Kerjo. Jurnal UNNES.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.8266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.